Tradisi Berkesan: Masjid Itishom Bogor Gelar Penyembelihan Qurban 16 Sapi dan 43 Domba

Tradisi Berkesan: Masjid Itishom Bogor Gelar Penyembelihan Qurban 16 Sapi dan 43 Domba

Menurut Encep Lukman ketua panitia pelaksanaan Iedul Adha 1445, mengemukakan untuk tahun ini, jumlah Sapi 16 ekor dan kambing /domba sebanyak 43 ekor.

BOGOR UMMATTV.COM - Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1445 , yang ditetapkan pemerintah serentak Senin 17 Juni 2024. Masyarakat Indonesia melakukan shalat ied yang dilanjutkan dengan prosesi pemotongan dan penyaluran hewan qurban . 

Tahun ini Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Itisham Budi Agung  kembali mengadakan proses penyelenggaraan pemotongan dan penyaluran hewan qurban warga Perum Budi Agung dan sekitarnya. 

Sisipkan gambar ...

Sebelumnya prosesi hewan qurban, dilaksanakan shalat Idul Adha di halaman masjid Al Itisham dengan Khotib Dr.Ir.Suswono, MMA dan Imam Prof Chairil Anwar Siregar,MSc., PhD. Terlihat warga perumahan  antusias mengikuti pelaksanaan shalat ied.

Menurut Encep Lukman ketua panitia pelaksanaan Iedul Adha 1445, mengemukakan untuk tahun ini 1445/2024 , jumlah Sapi 16 ekor dan kambing /domba sebanyak 43 ekor. "Alhamdulillah kepercayaan warga Budi Agung terhadap pelaksanaan prosesi  ini masih cukup tinggi". Ujar Ketua DKM ini. 

Lebih lanjut Encep menyampaikan  jumlah penerima baik berupa jatah pequrban , juga hadiah warga sekitar perubahan dan para mustafik sekitar 1900 bungkus daging.

Encep mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh warga Perum Budi Agung, dan tak lupa partisipasinya semua panitia hingga proses penyembelihan dan penyaluran hewan qurban berjalan dengan lancar.

Sejak awal berdiri masjid Al I'tisham mulai menyelenggarakan kegiatan hewan qurban. Rais Ahmad selaku sesepuh di perumahan yang cukup lama Kota Bogor ini, sudah menjadi peserta qurban sejak awal. "Kami loyal menyerahkan proses hewan qurban disini karena dikoordinir masjid sudah termasuk biaya penyembelihannya, sangat memudahkan".pungkasnya.

Sisipkan gambar ...

Lanjut Rais mengemukakan proses pekerjaannya pun cepat dan rapi, sehingga terjaga kualitas dagingnya. Pembagiannya cukup luas dan terarah kepada yang membutuhkan. Leboh menariknya tradisi yg mengeratkan ukhuwah Islamiyyahnya adalah selepas dzuhur seluruh jama'ah menikmati makan siang daging sapi/domba khusus yang memang dipersiapkan utk makan siang.


Sebelumnya :
Selanjutnya :