• +6281 1987 271

Mustahik BAZNAS Ikuti Pelatihan Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan

Mustahik BAZNAS Ikuti Pelatihan Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan

UMMATTV, TUBAN--Salah satu mustahik Kelompok Putri Berdikari Batik Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengikuti pelatihan pemasaran dan pengelolaan keuangan yang diselenggarakan oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT. TPPI) yang menggandeng Universitas Airlangga di Fave Hotel Jl. Basuki Rahmad, Tuban, Jumat (10/12). Kegiatan ini turut diikuti pegiat bisnis usaha mikro warga Kabupaten Tuban mulai dari makanan, pakaian, hingga kerajinan tangan.

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pengolaan bisnis menjadi prioritas utama penyelenggara. Hal ini diterangkan oleh General Manager PT TPPI , Sugiyo.

“Bahwa ekonomi Indonesia tumbuh dan bertumpu pada aktivitas ekonomi UMKM, dan ini tujuan kita, sehingga bisa memajukan ekonomi bangsa. Arahan dari bupati Tuban, CSR TPPI, menargetkan 60% untuk ring 1, dan 40% diberikan kepada warga se-Kabupaten Tuban," ujarnya.

Dia juga menambahkan keberadaan UMKM yang berdaya saing akan mampu mendatangkan devisa ketika produk tersebut go international.

Dalam kesempatan itu, Warsimah sebagai mustahik BAZNAS turut berperan aktif untuk latihan menawarkan barang, menanyakan pasaran motif, dan pewarnaan alam hingga menghitung keuntungan produksi.

"Saya cukup bingung untuk menghitung laba dan menganalisa penyusutan di level produksi dan pemasaran, tapi modul ini sedikit membantu saya memahami dan akan belajar terus. Saya juga meminta bimbingan dari para narasumber sewaktu-waktu untuk bertanya," kata Warsimah.

BAZNAS berharap serangkaian pelatihan yang diikuti mustahik dapat diterapkan dalam usahanya agar lebih produktif hingga menghasilkan kemajuan.*

Sumber: Baznas.go.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :