Ustadz Yusuf Mansur Resmi Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua Pembina Laznas PPPA Daarul Qur'an

Ustadz Yusuf Mansur Resmi Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua Pembina Laznas PPPA Daarul Qur'an

Ummattv, Ustadz Yusuf Mansur atau lebih dikenal dengan UYM merupakan pendiri sekaligus Ketua Pembina pada Yayasan Daarul Qur'an Nusantara (YDQN) sejak tahun 2007.

Yayasan Daarul Qur'an Nusantara sendiri merupakan yayasan yang menaungi aktifitas Zakat dan Wakaf di Daarul Qur'an yang lebih dikenal dengan nama Lembaga Amil Zakat Nasional PPPA Daarul Qur'an. Lembaga Zakat resmi yang telah mengantongi izin Kementerian Agama RI untuk mengelola dan mendistribusikan dana zakat.

Melalui semangat dan cita-cita UYM dalam berdakwah untuk melahirkan sebanyak-banyak penghafal Al-Qur'an, membantu dhuafa yang membutuhkan dan berperan dalam gerakan zakat di Indonesia kehadiran Laznas PPPA Daarul Qur'an telah diakui kiprahnya oleh masyarakat luas dan mengantongi berbagai prestasi.

Adapun pengunduran diri dilakukan karena Ustadz Yusuf Mansur telah resmi menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Ekonomi Ummat dan Syariah Partai Persatuan Indonesia (Perindo). UYM ingin menjaga netralisasi keberadaan Yayasan Daarul Qur’an Nusantara sebagai Lembaga Zakat Nasional.

Sebab dalam Peraturan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kode Etik Amil Zakat pada Pasal 8 ayat 2 menyatakan bahwa amil zakat dilarang menjadi anggota, pengurus partai politik, dan/atau melakukan kegiatan untuk kepentingan partai politik.

Keputusan ini langkah UYM taat pada undang-undang yang berlaku. “Dengan ini saya mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Daarul Qur’an Nusantara sejak 12 Mei 2023,” ujarnya dalam Siaran Pers pada Rabu, 24 Mei 2023.

UYM menyampaikan dukungan dan doa terbaik untuk Laznas PPPA Daarul Qur’an agar menjadi Lembaga Zakat Nasional yang terus bergerak dalam dakwah tahfizhul Qur’an, melahirkan generasi Rabbani dan keberadaannya senantiasa membawa maslahat untuk umat.

Tak lupa, ia berpesan agar Laznas PPPA Daarul Qur’an tetap transparan dan akuntable dalam laporan keuangan serta penyaluran dana Zakat, Infak, Wakaf dan Sedekah (Ziswaf). “Semoga Allah selalu menjaga Laznas PPPA Daarul Qur’an,” tuturnya.

Abdul Ghofur selaku Direktur Utama Laznas PPPA Daarul Qur'an mengatakan, lembaganya akan segera menentukan Ketua Dewan Pembina Laznas PPPA Daarul Qur’an yang baru. “Dengan mundurnya Ustadz Yusuf Mansur dari jabatan Ketua Pembina YDQN, Insya Allah kami akan sesegera mungkin umumkan penggantinya,” ujarnya.

Adapun nama-nama yang direncanakan untuk menjadi calon pengganti pembina pada Yayasan Daarul Qur'an Nusantara telah disiapkan. "Sudah ada beberapa nama yang sedang kami jajaki. Mudah-mudahan diantaranya berkenan,” tutur Ghofur.

Media Komunikasi


Sebelumnya :
Selanjutnya :