• +62852-9938-0971

Tutup 2020, Sinergi Foundation Tanam Bambu untuk Hijaukan Bumi

Tutup 2020, Sinergi Foundation Tanam Bambu untuk Hijaukan Bumi

UMMATTV BANDUNG--Menutup akhir tahun, Sinergi Foundation melalui program Green Kurban kembali melakukan penanaman pohon bambu. Sebanyak 200 bibit pohon ditanam di aksi yang diadakan pada Senin (28/12) ini.

Menurut manager program Sinergi Foundation, Eggie Ginanjar, ini adalah salah satu ikhtiar agar bumi tetap lestari. “Selain itu, ini juga sebagai keberlanjutan program Green Kurban, dimana 1 hewan yang pekurban kurbankan sama dengan turut menanam satu pohon sebagai upaya menjaga bumi,” katanya.

Mengapa bambu? Sebab Sinergi Foundation meyakini, syariatnya bambu adalah alternatif untuk menyelamatkan bumi. “Selain dapat digunakan dalam banyak keperluan sehari-hari seperti bangunan dan pembuatan beragam kerajian, bambu juga bermanfaat untuk menjaga alam,” lanjut Eggie.

Pertama, memperbaiki cadangan air. Hal ini karena bambu memiliki kemampuan mengkonservasi air. Batangnya bersifat kapiler yakni dapat menghisap dan menampung air.

“Alhamdulillah, penanaman kali ini dilakukan di salah satu wilayah kekeringan air di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat. Keberadaan bambu insya Allah menjadi resapan air sebagai solusi permasalahan kekeringan ini,” tuturnya.

Kedua, mencegah terjadinya erosi. Akarnya yang berjenis serabut dapat menstabilkan tanah dan mencegah erosi. “Dan ketiga, bambu baik dalam memproduksi oksigen segar bagi manusia di sekitarnya,” katanya.

Ia berharap, melalui aksi penanaman pohon bambu, bumi bisa lebih lestari dan hijau.


Sebelumnya :
Selanjutnya :