Tingkatkan Kompetensi Pengasuh, Pesantren Wahdah Islamiyah Cibinong Gelar Training Konseling

Tingkatkan Kompetensi Pengasuh, Pesantren Wahdah Islamiyah Cibinong Gelar Training Konseling

UMMATTV BOGOR--Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor menggelar training konseling dasar, Ahad (21/02/2021). Hadir sebagai narasumber acara ini  Praktisi Psikologi Remaja Syarief Ahmad (Kak Syarif) yang juga konsultan Psikolog Bunda Elly Risman.

Menurut Pimpinan Pesantren Tahfidz WI Cibinong, Ustadz Syamsuddin, kegiatan digelar guna meningkatkan kompetensi para pengasuh.

“Acara ini kita adakan dalam rangka meningkatkan kompetensi para musyrif dan pengasuh dalam membina dan mengasuh santri di asrama," ujarnya saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di ruang kelas SMA Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Cibinong.

Menurutnya peran dan fungsi pengasuh dalam pembinaan santri di pesantren sangat strategis.

“Peran musyrif dan pengasuh santri bukan sekadar sebagai pengatur dan pengawas santri, tapi lebih dari itu ada fungsi pengasuhan dan pembinaan," jelasnya.

“Untuk menunjang terlaksananya fungsi pengasuhan dan pembinaan tersebut dibutuhkan beragam skill dan kompetensi, salah satunya adalah konseling," terangnya.

Sebab musyrif asrama santri kata dia harus mampu memainkan multi peran, mulai dari peran sebagai orangtua bagi santri, guru kehidupan, konselor, sampai coach.

“Karena di pondok ini santri tidak hanya belajar menghafal ilmu, tapi juga belajar mengamalkan ilmu, belajar menjalani hidup," ungkap Ustadz Syam yang juga pengurus Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (KPK MUI) Pusat ini.

“Pesantren tanpa pengasuhan yang kuat layaknya hanya rumah singgah, oleh sebab itu suasana kepengasuhan harus hidup di asrama santri," ungkapnya.

Sehingga kemampuan konseling bagi para pengasuh sangat dibutuhkan.

“Untuk itulah training konseling dasar ini digelar," pungkasnya.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :