• +6281 1987 271

Sudah di Oman, Dua Kader Muda Wahdah Islamiyah Gowes Sepeda ke Tanah Suci

Sudah di Oman, Dua Kader Muda Wahdah Islamiyah Gowes Sepeda ke Tanah Suci

UMMATTV, MUSCAT--“Banyak jalan menuju Roma” begitulah pepatah yang sering didengar. Pepatah ini nampaknya diubah oleh Andi Harvin dan Chairul Ma’atini, menjadi “banyak jalan menuju Tanah Suci”.

Dua pemuda asal Gorontalo yang merupakan kader muda Wahdah Islamiyah ini sejak Juni 2021 memutuskan pergi ke Tanah Suci menggunakan sepeda. Andi dan Chairul telah mengayuh sepeda hingga melewati sejumlah negara untuk sampai Arab Saudi agar bisa melaksanakan ibadah haji.

Pada pertengahan Juni 2022, kedua pemuda tersebut diinformasikan telah sampai ke Oman. “Saat ini kami masih di Oman. Sementara perjalanan ke negara selanjutnya UAE,” jelas Andi, Rabu (15/6/2022).

Di Oman, mereka disambut oleh Dubes RI di Muscat. Serta dijamu oleh komunitas pemuda yang ada di Oman. “Begitu juga dengan komunitas sepeda asli Oman. Sepeda kami diservis full, sebelum kami melanjutkan perjalanan,” ujar Andi.

Sementara diungkapkan Chairul, selama perjalanan bersama Andi tentu dijumpai aral rintangan. Seperti saat mereka hendak memasuki wilayah Singapura melalui Batam. Mereka tertahan hingga berminggu-minggu karena aturan ketat terkait protokol kesehatan Covid-19.

“Awalnya kami targetkan masuk Thailand pada Januari 2022, tetapi meleset hingga bulan Mei 2022,” kata dia.

Mereka berdua berharap bisa tiba ke Tanah Suci beberapa saat sebelum pelaksaan ibadah haji. “Mohon doanya dari masyarakat Indonesia. Semoga kami lancar sampai Arab Saudi sebelum haji,” ujar Chairul.*

Sebelumnya :