• +6281 1987 271

Pentingnya Membangun Komunikasi dalam Rumah Tangga

Pentingnya Membangun Komunikasi dalam Rumah Tangga

Oleh: Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin


SALAH satu persoalan besar yang kita hadapi saat ini adalah pengrusakan institusi keluarga. Berkeluarga bukan hanya melamar dan menikahi, tapi ada cita-cita besar yang harus kita wujudkan dalam keluarga tersebut. 

Dalam keluarga ada cita-cita besar untuk kita raih secara bersama utamanya dalam lembaga perjuangan kita ini. Yakni mewujudkan generasi yang mukmin, muslih, mujahid, mutaawwin dan mutqin. Untuk melahirkan generasi tersebut maka penting untuk kembali kepada tujuan dan prinsip-prinsip keluarga serta membangun komunikasi berkualitas antar suami istri.

Kembali kepada tujuan dan prinsip-prinsip keluarga yang telah kita ketahui. Bahwa keluarga adalah markas untuk melahirkan para pejuang. Sehingga hal ini menjadi tanggungjawab kita bersama dan terus membangun komunikasi bersama tentang fungsi-fungsi keluarga tersebut.

Membangun komunikasi dalam rumah tangga adalah hal terpenting, utamanya memulai komunikasi kepada setiap anggota keluarga. Sehingga kehidupan rumah tangga bisa lebih cair. Salah satu prinsip keluarga adalah selalu yang memulai komunikasi dalam rumah tangga. Utamanya bagi seorang suami, hendaknya dia yang selalu memulai komunikasi baik kepada istri dan anak. Dan juga harus memahami kondisi seorang perempuan yang memang mereka sangat sulit menahan untuk tidak berbicara dalam waktu yang lama.

Para suami dan ayah agar senantiasa memulai komunikasi dalam rumah tangga baik kepada anak dan istri. Ini bukan berarti menurunkan wibawa seorang suami, tapi dari memulai komunikasi inilah kebahagiaan dalam rumah tangga dapat diraih.

Wibawa seorang suami dalam keluarga adalah dengan iman, takwa, dan sikap-sikap yang baik seperti kelembutan dan akan melahirkan kesejukan, keteguhan dan ketentraman dalam rumah tangga,*


Sebelumnya :