Pendekatan dan Penerapan Fikihnya Tepat, Fatwa DSN Diterima Publik

Pendekatan dan Penerapan Fikihnya Tepat, Fatwa DSN Diterima Publik

UMMATTV JAKARTA--Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI berada dalam posisi seperti sekarang dan dipercaya banyak pihak karena menerapkan dua hal. Pertama adalah melakukan pendekatan menggunakan cara tadriji (bertahap) sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Sementara yang kedua adalah DSN secara konsisten menerapkan fiqih yang memberikan solusi (makharij fiqhiyyah).

“Ini bukan fiqih yang semata-mata membatasi dan apalagi melarang, sehingga fatwa-fatwa DSN MUI dapat memenuhi kebutuhan para pelaku industri dan di sisi lain juga mempunyai dasar kesyariahan yang kuat,” ujarnya dalam acara Pra-Ijtima’ Tsanawi DSN MUI, Senin (12/10) melalui virtual.

Menurutnya, corak fiqih yang bertahap dan solutif itu menjadi ruh fatwa-fatwa DSN MUI selama ini. Corak seperti ini tidak muncul secara tiba-tiba, namun telah dimatangkan dari proses lama dan mendalam sejak DSN MUI dibentuk.

Kiai Ma’ruf mencontohkan, dalam prinsip DSN MUI berupa Taysirul Manhaj misalnya, fatwa DSN MUI bisa memberikan solusi terbaik terhadap masalah industri keuangan. Kaidah satu ini membuat fatwa yang meringankan namun tetap sesuai dari sisi metodologisnya. Fatwa yang meringankan namun mengacuhkan aspek kesesuaian metodologis, tentu saja terlarang. Maka konsep DSN MUI ini menjadi jalan tengah. 

“Untuk kepentingan prinsip itu misalnya, dirumuskan kaidah mengambil pendapat yang lebih kuat dan lebih maslahat jika memungkinkan, dan jika tidak memungkinkan mengambil kedua-duanya, maka mengambil pendapat yang lebih maslahat saja,” katanya.

Kaidah seperti ini, ucap dia, jarang ditemukan di tempat lain karena perumusnya adalah DSN MUI setelah melalui perjalanan panjang. Penggunaan kaidah ini membuat fatwa DSN menjadi lebih fleksibel, terutama dalam mengambil kemaslahatan yang sesuai koridor syariah.

“Karena itu, tidak perlu heran jika di fatwa-fatwa DSN MUI ditemukan penerapan kaidah yang bisa jadi saling berlawanan. Dua kaidah yang terlihat saling berlawanan semuanya diadopsi oleh DSN MUI dan dipakai dalam penerapan fatwa, bergantung mana yang lebih relevan dengan kemaslahatan,” katanya.

Selain prinsip al-Taysir al-Manhaji itu, DSN MUI juga menggunakan prinsip Tafriq al Halal ‘An al-Haram, I’adah al-Nadhar, dan Tahqiq al-Manath.

Di harapan para Dewan Pengawas Syariah (DPS) tersebut, Kiai Ma’ruf berharap, pemahaman seperti ini menjadi pegangan DPS, termasuk argumentasinya.

“Sebab, acuan utama dalam melakukan tugas DPS adalah fatwa DSN-MUI. Oleh karenanya, DPS dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam pengawasan aspek kepatuhan syariah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Syariah,” ujarnya. *

Sumber: Mui.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :