• +62852-9938-0971

Musda VI MUI Kota Tangerang Susun Pengurus Periode 2020-2025

Musda VI MUI Kota Tangerang Susun Pengurus Periode 2020-2025

UMMATTV TANGERANG--Musyawarah Daerah (Musda) VI Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang mendaulat Drs KH Ghozali Barmawi, sebagai Ketua MUI Kota Tangerang periode 2020-2025. Pemilihan tersebut melalui agenda rutin 5 tahunan bertajuk “Membangun Sinergitas Ulama Dan Umaro Dalam Penguatan Pembinaan Umat di Kota Tangerang,” yang digelar 16-17 Desember 2020. 

Pemilihan ketua umum dipilih Tim Formatur yang berjumlah 11 orang. Mereka terdiri dari : dua orang dari unsur Dewan Pertimbangan demisioner, dua orang dari unsur pengurus harian, empat orang dari unsur MUI Kecamatan, dua orang dari organisasi keagamaan dan satu orang dari tokoh masyarakat.

Ketua MUI Kota Tangerang priode 2020-2025 terpilih, Drs KH Ghozali Barmawi MSi dalam sambutannya menyampaikan kepengurusan MUI yang baru akan meneruskan sinergitas yang telah terjalin selama ini, terlebih dalam penyampaian program pembangunan Pemkot kepada masyarakat Kota Tangerang. “Sekaligus membantu dalam menyuarakan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang,” kata Ghozali.

Sementara Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan kepengurusan MUI Kota Tangerang yang baru dapat menjaga serta semakin meningkatkan sinergitas yang telah terjalin selama ini antara MUI Kota Tangerang dengan Pemkot Tangerang. “Apa yang sudah terjalin selama ini harus kita jaga dan tingkatkan bersama,” ungkap Arief dalam acara penutupan.

Dengan sinergitas ulama dan Pemkot, lanjut Arief, diharapkan dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang bahaya covid’19 melalui jalur keagamaan. “Untuk itu perlu bantuan dari ulama untuk sosialisasi kepada masyarakat, yang dapat dilakukan dalam setiap dakwah kepada umat. Selain itu juga memberi masukan kepada Pemkot tentang pembangunan yang dilakukan,” ujar dia. 

Formatur

Ketua panitia penyelenggara, Dr H Nur Hidayat MA, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Musda VI MUI Kota Tangerang sebanyak 160 peserta. Mereka adalah pengurus MUI Kota Tangerang 2015-2020, pengurus MUI Kecamatan se Kota Tangerang, selanjutnya peninjau dari ormas Islam se Kota Tangerang dan terakhir pendamping dari MUI Provinsi Banten.

Selanjutnya kata Nur Hidayat, bahwa agenda Musda terdiri dari pertangungjawaban ketua umum, sidang-sidang komisi dan selanjutnya pemilihan ketua umum dan pengurus harian MUI Kota Tangerang periode 2020-2025.

Kemudian menurutnya bahwa, pemilihan ketua umum periode sekarang ini berbeda dengan pemilihan lima tahun lalu. Pemilihan ketua umum sekarang ini dipilih oleh tim formatur yang berjumlah sebanyak 11 orang.

Dia menjelaskan 11 orang tim formatur ini terdiri dari dua orang dari unsur dewan pertimbangan MUI demisioner, dua orang dari pengurus harian demisioner, empat orang dari unsur MUI kecamatan, dan dua orang dari unsur organisasi keagamaan serta terakhir dari unsur pesantren (tokoh masyarakat). “Jadi tim formatur berjumlah 11 orang ini dari berbagai elemen yang berbeda,” jelasnya.

Saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan, Ketua Umum MUI Kota Tangerang, KH Edi Junaedi Nawawi, mengatakan Musda VI MUI Kota Tangerang bermakna sebagai refleksi hal-hal yang telah dan akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepengurusan MUI mendatang baik di tingkat kota maupun kecamatan, sejauh mana para pengurus telah melaksanakan amanah-amanah organisaai yang dibebankan di pundak mereka.

Menurutnya, bahwa untuk mengukur apa yang selama ini dilakukan oleh jajaran pengurus MUI tentunya bisa dilihat sejauh mana pelaksanaan hasil Musyawarah Daerah (Musda) VI MUI Kota Tangerang, khususnya pelaksanaan garis-garis besar program umum MUI, baik yang menyangkut pelaksanaan fungsional maupun program institusional yang melibatkan seluruh jajaran unsur pengurus mulai dewan pertimbangan, pengurus harian dan seluruh anggota yang tercantum dalam kepengurusan.

Kemudian, kata Edi Juanedi, bahwa dengan dilaksanakannya Musda VI MUI Kota Tangerang 2020 ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan peran MUI Kota Tangerang sehingg keberadaannya lebih berakar ke bawah dan berkutub ke atas, serta manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. (Ida Bastian/Nashih)

Berdasarkan hasil sidang Tim Formatur pada Musda VI inilah komposisi kepangurusan Majelis Ulama Kota Tangerang periode 2020-2025.

A. DEWAN PERTIMBANGAN

Ketua : KH Edi Junaedi Nawawi
Wakil Ketua : Drs H Nana Suryana, MM
Wakil Ketua : Dr. KH. Ahmad Suhaemi Hasan
Wakil Ketua : KH Najib Syahru Wardi
Wakil Ketua : KH Baijuri Khotin MA

Sekretaris : Drs.KH Amin Munawar MA
Wakil Sekretaris : Drs. KH Hamidi Rusydi LC
Wakil Sekretaris : Drs KH Chaerudin
Anggota : 1. Drs KH Tajudin Hasan, 2. KH Abdul Muthi, 3. KH. Husin Ma’arif, 4. Drs KH. Asmuni Haekatami, 5. Dr. KH Masturo Abubakar MA, 6. Drs KH. Sachowi Hasan, 7. KH Kholil Abdul Majid, 8. Asisten Pemerintahan dan Kesra 9. Kepala Kantor Kemenag, 10. Ketua PCNU, 11, Ketua PD Muhammadiyah, 12. Ketua Mathlaul Anwar, 13. Ketua DMI. 14 Ketua ICMI Kota Tangerang. 15.Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Bin Jindan, 16. Habib Fuad Sahab

B. DEWAN PENGURUS HARIAN

Ketua Umum : Drs KH Ghozali Barmawi, MSi
Wakil Ketua Umum : Drs KH Abdullah Tholib MM.
Ketua I : Dr. H Nur Hidayat M.Ag
Ketua II : Drs KH Roghop Al-Fatiri
Ketua III : Dra Hj Jundah Ibrahim MA
Ketua IV : Drs KH Zainal Arifin M.Sc
Ketua V : H Musbir Ibrahim SH, MAg
Ketua VI : KH Aslie El-Husyairy

Sekretaris Umum : Drs KH Amin Munawar MA.
Sekretaris I : KH Misbahul Munir. SAg, MM, Sekretaris II : Arief Rohman MA
Sekteraris III : KH Zaki Mubarok, Sekretaris IV : H Saefudin HAS, MM,
Sekretaris V : Sobrun Jamili S.Pdi
Sekretaris VI : Romi Abidin.

Bendahara Umum : H Sadjiran Tarmidzie SH.
Bendahara I : Ida Rosidah
Bendahara II : Drs H Sanusi MM.

Sumber: Mui.or.id
Sebelumnya :
Selanjutnya :