Khatam Quran di Jakarta Timur

Khatam Quran di Jakarta Timur
UMMATTV, JAKARTA--Ahad (10/4/2022) pagi, puluhan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jakarta Timur melakukan pertemuan untuk membahas perhelatan Khatam Quran. Puncak program Khatam Quran akan dilaksanakan pada Senin (18/4/2022) bertepatan malam 17 Ramadhan,  momen diturunkannya Alquran.
 
Pada pertemuan DKM Jakart Timur ini diikuti Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) yang merupakan penggagas gerakan Khatam Quran. Kepada pengurus DKM yang hadir,  UBN mengatakan soal rencana kegiatan Khatam Quran pada 17 Ramadhan 1443 Hijriah.
 
Dikatakan UBN, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengulangi berkali-kali bacaan Alquran pada bulan Ramadhan. “Kalau Rasulullah saja khatamkan Qurannya di bulan Ramadhan, maka kita umatnya juga harus mengikuti. Maka ribuan santri baik anak-anak, remaja, dewasa, juga santri yang lansia akan berkumpul, mengkhatamkan Al Quran di hari itu,” kata UBN.
 
Menurut UBN, di dalam Alquran disampaikan jika Ramadhan adalah bulan Quran. Sementara predikat kedua dari Ramadhan adalah bulan puasa.
 
“Masyarakat dulu mengenal Ramadhan sebagai bulan puasa, sejatinya Ramadhan itu adalah bulan Quran. Dan ini adalah solusi persatuan umat. Karena Quran adalah tali Allah kepada kita. Maka dijamin siapa memegang Quran, maka hubungannya ke Allah akan kuat,” ungkap UBN.
 
Umat sering baca buku fiqih ketimbamg baca Quran. Baca buku hadist lebih banyak ketimbang Quran. Padahal jelas, lanjut UBN, bahwa Rasulullah Shalallau alaihiwasalam itu adalah Alquran yang berjalan. 
 
“Tidak ada yang bisa mempersatukan umat Islam di dalam fitnah hari ini, kecuali Alquran,” ujar UBN.
 
Pertemuan silaturrahim ini ditutup dengan pembagian kurma untuk seluruh masjid oleh Tabung Infaq. Juga menghimbau untuk iftar bersama dengan membawa makanan dari rumah masing-masing.
 
Khatam Quran didukung penuh Tabung Infaq dan UBN Podcast.*
Sebelumnya :
Selanjutnya :