Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief Dilantik Menjadi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief Dilantik Menjadi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

UMMATTV, JAKARTA--Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat, Hilman Latief resmi dilantik oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas untuk mengemban amanah sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta pada Jum’at (01/10) dengan protokol kesehatan secara ketat.

Selain Hilman, turut dilantik 3 orang Pejabat Eselon I lainnya, yaitu Muhammad Aqil Irham sebagai Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH), A.M. Adiyarto Sumardjono sebagai Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, dan Abu Rokhmad sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM.

Menag Yaqut mengajak kepada para pejabat yang dilantik untuk meluruskan niat sebelum memangku jabatan, dan bersikap low profile. Sehingga, siapa pun tidak segan memberi masukan, saran atau kritik yang diperlukan bagi perbaikan dan kemajuan organisasi. “Sebagai pimpinan, saudara-saudara akan terselamatkan dari kesalahan dan kekeliruan karena mendengarkan saran dan kritikan, bukan karena sanjungan dan pujian,” kata Menag seperti dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

Menag juga menyampaikan bahwa promosi dan mutasi pejabat struktural birokrasi dan pimpinan perguruan tinggi keagamaan diharapkan membawa perubahan, perbaikan dan penyempurnaan dalam tata kelola organisasi maupun program yang dilaksanakan, bukan sekadar direncanakan. “Satu program yang dilaksanakan lebih baik daripada seribu program yang hanya dibicarakan. Saudara-saudara diharapkan segera menyesuaikan diri dengan medan tugas yang baru, memahami lingkup ekosistem organisasi dan mencermati segala tantangan yang pasti berbeda daripada medan tugas saudara-saudara di tempat sebelumnya,” pesannya.

Ia pun menambahkan bahwa interaksi positif dan kerjasama harmonis harus diterapkan dalam lingkungan kerja. “Kecerdasan mengelola birokrasi harus dimiliki oleh setiap pimpinan. Oleh karena itu, saudara-saudara harus membangun interaksi positif dan kerjasama yang harmonis dengan bawahan dan staf sebagai mitra kerja sehari-hari,” sambungnya.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti yang dihubungi secara terpisah menyambut baik terpilihnya orang nomor satu di Lazismu tersebut dalam menjalankan amanah baru di lingkungan Kementerian Agama RI. Baginya, Hilman merupakan figur yang tepat untuk itu. “Prof. Hilman Latief adalah figur yang tepat untuk menjabat Dirjen Haji dan Umrah Kemenag. Prof. Hilman seorang yang  muda dan enerjik,” tegasnya.

Selain itu menurut Mu’ti, apa yang telah dicapai Hilman selama memimpin Lazismu dapat mencerminkan sosok kader Muhammadiyah tersebut. “Selama memimpin Lazismu, Prof. Hilman banyak sekali membuat terobosan yang bermakna untuk kemajuan Lazismu. Selain meningkatkan pendapatan, Prof. Hilman juga banyak membuat terobosan kebijakan dan program Lazismu,” ungkapnya.

Terakhir, Mu’ti berharap agar ke depannya Hilman dapat membangun budaya bersih dan profesional di lingkungan barunya. “Prof. Hilman adalah figur yang bersih dan berintegritas. Dengan rekam jejak itu saya percaya Prof. Hilman dapat membangun budaya bersih, profesional, dan melayani di lingkungan Dirjen Haji dan Umrah Kemenag,” tutupnya.

Di samping 4 orang Pejabat Eselon I, Menag juga melantik enam Rektor baru di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN). Sekjen Kemenag Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani turut menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara. Hadir dalam acara pelantikan ini, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Penasihat dan Ketua DWP Kemenag RI, serta sejumlah pejabat Eselon I dan Stafsus/Tenaga Ahli Menteri Agama.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :