Kampus Muhammadiyah Ini Borong 19 Akreditasi Unggul BAN PT

Kampus Muhammadiyah Ini Borong 19 Akreditasi Unggul BAN PT

UMMATTV, SURAKARTA--Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anif menyampaikan komitmen untuk pembangunan perguruan tinggi yang berkualitas, bonafide dan mendapatkan trust secara nasional maupun internasional.

“Sebagai pengelola UMS, sejak awal kami memiliki komitmen untuk membangun perguruan tinggi yang kredibel, dan mendapatkan kepercayaan luas baik di kancah nasional maupun internasional. Tahun 2029, Insya Alloh capaian UMS bisa menjadi perguruan tinggi berpengaruh besar pada bidang IPTEKS,” papar Sofyan Anif.

Rektor mengungkapkan bahwa sekarang UMS telah memiliki 19 Program Studi berakreditasi Unggul, dan itu sebelumnya merupakan Program Studi Berakreditasi A yang dalam proses konversi menjadi unggul. ‘’Tidak gampang memborong predikat unggul sebanyak itu, perlu kerjakeras semua lini,” kata dia.

Program Studi yang telah berakreditasi unggul BAN PT adalah : 1. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; 2. S1 Pendidikan Bahasa Inggris; 3. S1 Geografi ; S1 Manajemen ; dan 4. S1 Ilmu Komunikasi. Kemudian, 5. S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; 6. S1 Pendidikan Geografi ; 7. S1 Teknik Sipil ; 8. S1 Teknik Elektro ; 9. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar; 10. S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ; 11. S1 Arsitektur ; 12. S1 Keperawatan, dan 13.S2 Pendidikan Agama Islam. Tercatat pula, 14. S2 Pendidikan Dasar; 15. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia; 16. S2 Hukum Ekonomi Syariah; 17. S2 Administrasi Pendidikan, 18. S2 Manajemen dan 19. Profesi Ners

Dengan modal unggul dari sejumlah prodi itu, lanjut Sofyan Anif, pihaknya optimistis UMS ke depan bakal menjadi bagian pemberi perubahan berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Perguruan tinggi Muhammadiyah yang dipimpinnya itu, dapat melaju dengan tranformasi akselerasi SDM secara progresif di bidang outcome base dan reputasi internasional sesuai Visi dan Misi UMS 2029.

‘’UMS menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan yang telah dimulai sejak 2020.’’ Selain itu, lanjut Rektor, UMS masuk perguruan tinggi Islam terbaik ke 3 di dunia versi UniRank 4ICU edisi Oktober 2021. Posisi UMS hanya dibawah Cairo University (1) dan Shahid Bahesti University of Medical Sciences (2).

Menurutnya, kunci keberhasilan sebuah PT salah satunya adalah keberadaan Lembaga Jaminan Mutu (LJM) UMS yang telah menjalankan siklus penjaminan mutu internal PPEPP (Penetapan Standar, Pengendalian Pelaksana Standar dan Peningkatan Standar) secara kontinyu dan berkelanjutan untuk memastikan penyelengaraan UMS sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

‘’Evaluasi untuk perbaikan melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI), monitoring dan evaluasi serta penjaringan umpan balik dari berbagai stakeholder yang dilakukan salah satunya dengan survey kepuasan pelanggan,” pungkasnya.*

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :