Kampus Muhammadiyah Borong Penghargaan di Olimpiade Sains Mahasiswa

Kampus Muhammadiyah Borong Penghargaan di Olimpiade Sains Mahasiswa

UMMATTV SIDOARJO--Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) 2020 telah selesai digelar secara online oleh  Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Dari delapan bidang olimpiade yang dilobakan,  pusat kompetisi olimpiade sains terbaik Indonesia ini telah mengumkan para pemenang pada 22 Desember 2020 melalui website resminnya posieducation.com 

Olimpiade yang diikuti ribuan mahasiswa dari perguran tinggi negeri dan swasta di Indonesia menggunakan aplikasi Computer Baset Tes (CBT) berbasis online menempatkan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meraih banyak medali.

Dari delapan bidang yang diikuti Umsida meraih 28 medali dalam Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) 2020. Adapun daftar ke-28 medali adalah Bahasa Inggris merah 1 perunggu, Biologi 2 medali emas, 5 medali perak dan 10 medali perunggu, Ekonomi 1 medali perunggu, Fisika –Astronomi 1 medali perunggu.

Selanjutnya, Kebumian-Geografi meraih 3 medali perunggu, Kimia 1 medali perak dan 1 perunggu, Komputer 1 medali emas dan 1 medali perak, dan Matematika berhasil mendapatkan 1 medali emas.

Atas capaian puluhan medali yang diraih Rektor Umsida, Hidayatulloh mengaku senang walaupun pandemi Covid-19 tidak menyurutkan mahasiswanya untuk semangat mengikuti berbagai olimpiade nasional dan internasional.

“Capaian 28 medali emas, perak, dan perunggu menjadi tamabahan berarti dari ratusan prestasi akademik dan non akademik yang telah diraih Umsida di tahun 2020,” ujarnya dalam rilis yang diterima Muhammadiyah.or.id pada Sabtu, (26/12/2020).

Hidayatulloh mengatakan, hampir seluruh persiapan mahasiswa yang meraih prestasi dalam olimpiade ini dipersiapkan secara mandiri. Bahkan tidak sedikit bidang olimpiade yang diikutinya tidak sejalan dengan progam studi diperkuliahannya.

Seperti misalnya Julian Cristina Putri, Mahasiswi Semester 1 Progam Studi Administrasi Publik mengukuti OSM bidang Biologi dan berhasil mendapatkan medali perunggu berbekal belajar dengan giat. Dia adalah mahasiswi penerima beasiswa KIP Kuliah dari Pemerintah melalui proses seleksi PMB Umisda tahun 2020.*

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :