Dikdasmen Adakan Pelatihan Kepala Sekolah Diisi Narasumber Profesional di Bidangnya

Dikdasmen Adakan Pelatihan Kepala Sekolah  Diisi Narasumber Profesional di Bidangnya

Pelatihan dapat perkuat kapasitas kepala sekolah  dalam menjalankan tugas mereka serta memajukan kualitas pendidikan di bawah naungan Wahdah Islamiyah.

MAKASSAR UMMATTV.COM – Departemen Pengembangan Pendidikan Dasar Menengah Wahdah Islamiyah menggelar pelatihan bagi Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah di Areotel Smile Makassar dari 30 Agustus hingga 1 September 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas para kepla sekolah dan calon kepala sekolah  dalam mengelola sekolah dan mendukung pengembangan pendidikan.

Acara pelatihan hadirkan berbagai materi penting yang dibagi ke dalam beberapa sesi. Nursalam Siradjuddin, dalam sesi pertamanya, "Membangun Komunikasi Efektif antara Kepala Sekolah dengan Guru, Siswa, Orang Tua Siswa, serta Pengurus Yayasan." Materi ini menekankan pentingnya komunikasi yang baik dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis dan produktif. Nursalam juga sekaligus ketua YPWI pusat Makassar 

Nasrul, menyampaikan materi tentang "Implementasi Pedoman/Panduan Pengembangan Sekolah Wahdah Islamiyah secara Internal dengan Berbagai Model Administrasi yang Dikembangkan." Materi ini berfokus pada penerapan pedoman dan panduan yang telah dirancang untuk meningkatkan kualitas administrasi sekolah secara internal. Nasrul juga menjabat kepala sekolah di SMP Qur’an Anabanua Wajo.

Darmin Yusuf, menyampaikan sesi tentang "Teknik Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah Satuan Pendidikan Wahdah Islamiyah dan Meningkatkan Pengembangan Sekolah dengan Pelayanan Prima." Dalam sesi ini, peserta diajarkan cara menyusun rencana kerja yang strategis serta meningkatkan pelayanan pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal.

Materi berikutnya, disampaikan oleh Asmar Ahmad,, mengenai "Sosialisasi Kurikulum Merdeka," memberikan wawasan tentang penerapan kurikulum yang memberikan keleluasaan dalam pengajaran dan pembelajaran, serta penyesuaian dengan kebutuhan siswa.

Terakhir Jasman Ali Nur membahas "Tupoksi Kepala Sekolah yang Jitu," menjelaskan tanggung jawab dan tugas utama seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dengan efektif. Jasman merupakan kepala sekolah SD 01 Wahdah Islamiyah Antang Makassar.

Menurut Reo Kepala Sekolah SMA Wahdah Islamiyah Muna Sulawesi Tenggara sebagai salahsatu peserta workshop yang diadakan oleh dikdasmen, DPP Wahdah Islamiyah pasca Covid, “Pada pelatihan ini kami sangat terbantu karena , pematerinya semua orang orang yang expert di bidangnya” ujarnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas kepala sekolah dan calon kepala sekolah dalam menjalankan tugas mereka serta memajukan kualitas pendidikan di bawah naungan Wahdah Islamiyah.

Sebelumnya :