Bisnis Photobooth dan Photostudio Tetap Eksis di Era Digital

Bisnis Photobooth dan Photostudio Tetap Eksis di Era Digital

Di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara perusahaan, photobooth selalu menjadi spot favorit bagi tamu untuk mengabadikan momen. S

JAKARTA UMMATTV.COM Layanan photobooth dan photostudio tetap memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Bisnis ini tetap menjadi andalan ladang cuan bagi para pengusaha yang ingin terjun dan mendaami usaha ini. 

“Di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara perusahaan, photobooth selalu menjadi spot favorit bagi tamu untuk mengabadikan momen. Sementara itu, photostudio masih menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil foto profesional, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis,” ujar Ferry Slamet dari Jonas Photo, dalam diskusi community gathering dan pameran printer foto bertema “Photo Business: Extinct or Growing?” yang diselenggarakan Master Plotter (PT Digital Media Grafindo) bersama Epson, tanggal 21 Agustus 2024, di cafe LEVITICUS 11, Meruya.


Acara ini menjadi ajang bertukar pikiran, berbagi ilmu, dan memperkuat jaringan antar pegiat industri photo studio, photo booth, dan printing photo. 

Ferry melanjutkan, untuk tetap eksis, pelaku bisnis photobooth dan photostudio perlu terus berinovasi. Ia menegaskan, untuk mampu bertahan dan menghadapi berbagai macam situasi, para pengusaha harus menawarkan sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh kamera telepon cerdas (smartphone) seperti kualitas cetak yang lebih unggul, pengalaman yang menyenangkan saat berfoto, serta layanan personalisasi yang membuat setiap foto menjadi unik. 

Mendampingi Ferry, hadir pula Lina Mariani (Head of Commercial PT.Epson Indonesia) bersama Virdyansas Priyo (Presales Engineer PT.Epson Indonesia) yang dengan lugas menjawab langsung pertanyaan pelanggan setia Epson dan Master Plotter.

Diskusi juga menampilkan narasumber seperti Arif Saepudin (Fotohokkie) dan William Sutanto (Fenestra Imaging) yang berpengalaman menggunakan langsung printer Epson secara langsung. Mereka juga berbagi cerita pengalaman membangun usaha photostudio dan photobooth hingga survive sampai sekarang. 

Bisnis photostudio, seperti industri lainnya, terus mengalami dinamika yang cukup signifikan seiring perkembangan teknologi dan perubahan tren konsumen. Bagi banyak pelaku usaha bidang ini, masa depan industri foto menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Dulu, bisnis foto menjadi salah satu bidang yang sangat diminati, mulai studio foto yang ramai pengunjung hingga layanan photobooth di berbagai acara.


Namun, era digital yang menghadirkan berbagai smartphone canggih, diikuti maraknya platform sosial sebagai sarana berbagi foto, menjadikan banyak orang ragu akan masa depan bisnis photobooth dan photostudio konvensional. Akankah bisnis ini akan punah, atau justru semakin berkembang dengan inovasi teknologi?

“Salah satu kuncinya ada pada kesigapan pelaku usaha untuk adaptif dalam mengantisipapsi teknologi dan inovasi produk printer foto,” ujar Lina Mariani, Head of Commercial PT Epson Indonesia. Sebagai contoh, Epson –yang dikenal memimpin pasar printer foto—dalam pameran tersebut menampilkan beberapa produk printer foto canggih, Salah satunya, printer foto yang mampu mencetak foto dalam ukuran besar dengan resolusi yang sangat tinggi. 

Produk ini menjadi pilihan utama bagi para pebisnis photostudio dan photobooth yang ingin memberikan hasil cetak terbaik bagi pelanggannya. Produk-produknya dilengkapi pula dengan teknologi canggih, desain yang slim, dengan kemudahan konektivitas yang memungkinkan penggunanya mencetak gambar dengan kecepatan tinggi tanpa mengorbankan kualitas. 


“Ini sangat ideal untuk photostudio yang memiliki volume cetak tinggi atau untuk acara-acara besar ketika layanan photobooth menjadi daya tarik utama,” tukas Lina.


Berjejaring menjadi kunci utama berikutnya. Dengan bertemu dan bertukar pengalaman antarsesama pengusaha bidang photobooth dan photostudio, peluang kolaborasi baru tercipta. Di era yang serba terhubung ini, kolaborasi sering kali menjadi kunci untuk membuka peluang baru dan mengembangkan bisnis

Lewat acara diskusi dan pameran ini, Master Plotter (PT. Digital Media Grafindo) sebagai master dealer Epson Indonesia, menawarkan berbagai solusi yang bisa membantu pelaku bisnis untuk tetap kompetitif. Dengan menggunakan printer foto berkualitas seperti yang dipamerkan, para pelaku usaha bisa memberikan nilai tambah yang tidak hanya memuaskan pelanggan, tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan mereka. (ah)

Informasi dan konsultasi lebih lanjut tentang usaha photobooth, sila hubungi:

MIRA - 0822 193 193 70

Sisipkan gambar ...

Sebelumnya :
Selanjutnya :