• +6281 1987 271

BMH Yogyakarta Salurkan Bak Penampungan Air Bersih di Gunungkidul

BMH Yogyakarta Salurkan Bak Penampungan Air Bersih di Gunungkidul

UMMATTV, GUNUNGKIDUL--Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatuallah (BMH) Perwakilan Yogyakarta bantu masyarakat yang biasa terdampak kekeringan di Gunungkidul jika musim kemarau tiba. Secara simbolis bantuan bak tersebut diserahkan kepada takmir masjid Al-Barokah yang berada dusun Tipes, Botodayakan, Rongkop, Gunungkidul, Jumat (29/10/21).

Syai’in Kodir selaku kepala divisi Program BMH Yogyakarta mengemukakan, bantuan pembuatan bak tersebut menyasar kepada masjid-masjid pelosok Gunungkidul yang belum memiliki bak penampungan air bersihnya.

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Gunungkidul terkenal dengan wilayah yang tandus, gersang, perbukitan dan masyarakat susah mendapatkan air bersih ketika musim kemarau telah tiba. Sasaran kami adalah masjid-masjid yang belum ada bak penampungannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam penyaluran bantuan BMH menyasar kepada masjid-masjid karena bisa dimanfaatkan orang banyak untuk keperluan ibadah dan kepentingan masjid.

“Sasaran kami masjid-masjid yang tidak memiliki penampungan airnya karena untuk kepemanfaatannya lebih luas dibanding disalurkan ke warga-warga langsung, sehingga masyarakat yang mau beribadah tidak kesusahan air untuk berwudhu. Alhamdulillah program ini berjalan atas kerja sama kami dengan Kitabisa.com,” tambahnya.

Sujoko salah satu takmir masjid Al-Barokah mengatakan untuk satu kampung di dusun Tipes hanya memiliki dua saluran air yang dimanfaatkan bersama secara bergiliran termasuk untuk masjid yang ada di kampungnya.

“Di kampung kami hanya ada dua meteran saluran air PDAM  yang dimanfaatkan bersama-sama oleh satu kampung. Sehingga pemakainnya dijadwal agar semua rumah bisa merasakannya. Dan biasanya air tidak sampai sini, karena wilayah kami termasuk kampung paling ujung,” kata Sujono

Dalam kesempatan yang sama ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada BMH yang telah membangunkan bak penampungan air untuk masjid di wilayahnya.

“Alhamdulillah dengan keberadaan bak ini insyaAllah bisa menampung air hujan untuk keperluan warga dalam beribadah di masjid seperti halnya wudhu. Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada tim BMH yang telah membantu kami merealisasikan program ini,” kata Suratin. *

Sebelumnya :
Selanjutnya :