BI Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren Hidayatullah Kendari

BI Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren Hidayatullah Kendari

UMMATTV, KENDARI--Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan Program Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren. Kali ini penerima manfaat adalah Pesantren Hidayatullah Kendari. Acara launching tersebut digelar di Kampus Putra Pesantren Hidayatullah Nanga-Nanga pada Selasa, 24 Jumadil Awal 1443 (28/12/2021).

BI Perwakilan Sultra menyerahkan 3 bangunan sekaligus; kandang kambing, rumah potong hewan (RPH), dan rumah produksi pupuk organik.

Kepala Perwakilan BI Sultra Bimo Epyanto menyampaikan dalam sambutannya, bantuan yang diberikan merupakan upaya dari BI untuk mengembangkan kemandirian ekonomi pesantren sebagai basis aktivitas ekonomi umat.

“Bank Indonesia Sulawesi Tenggara akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam mengimplementasikan berbagai program pengembangan kemandirian ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari, termasuk penguatan kelembagaan, sertifikasi halal hingga pengembangan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Ia mengharapkan lebih jauh Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari tidak hanya bermanfaat bagi internal saja tapi meluas hingga jazirah Sulawesi Tenggara.

“Ke depannya pengembangan kemandirian ekonomi Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari diharapkan mampu menjadi local champion yang berdampak positif bukan hanya pada internal pondok pesantren tetapi juga masyarakat Sulawesi Tenggara,” sambungnya.

Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Marni, S.Ag., M.Pd. sangat mengapresiasi kinerja dari BI Sultra dalam pengembangan ekonomi umat ini.

“Apresiasi yang luar biasa kepada Bank Indonesia Sulawesi Tenggara yang telah bersinergi dalam mendorong pengembangan kemandirian ekonomi Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari, kegiatan ini dapat menjadi awal untuk membangun komitmen bersama dalam melajutkan pengembangan pesantren lainnya di Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Pembina Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari Ust. Ahmad Syahroni, S.HI, S.Pd.I., juga mengapresiasi kegiatan yang dapat meningkatkan kecakapan hidup para santri, tidak hanya berkutat dalam belajar agama saja.

“Alhamdulillah… Bank Indonesia Sulawesi Tenggara bukan hanya hadir untuk memberikan fasilitas pengembangan ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari, tetapi juga melaksanakan program pengembangan ekonomi yang berkesinambungan,” kata Syahroni.

“Tentu saja komitmen Bank Indonesia Sulawesi Tenggara ini dapat mendukung pengembangan kapasitas santri sehingga bukan hanya mampu memiliki pemahaman agama, tetapi juga pengetahuan dan pengembangan kapasitas wirausaha.” harapnya memungkasi.*

Sumber: Hidayatullah.or.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :