Berikut Rangking 10 Ormas Islam Terpopuler di Indonesia, Apa saja?

Berikut Rangking 10  Ormas Islam Terpopuler di Indonesia, Apa saja?

Umaattv, NYANTRI--Buka hanya Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah organisasi masyarakat berpaham Ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) di Indonesia. Luasnya geografis Indonesia dari Sabang sampai Merauke membuat lahir banyak ormas-ormas yang juga berpaham Aswaja. Mereka mengajarkan dan bergerak sesuai dengan aspirasi masyarakat Muslim lokal setempat.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa NU dan Muhammadiyah merupakan ormas terbesar di Indonesia dengan jumlah anggotanya mencapai puluhan juta. Anggotanya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dua ormas ini juga yang selalu menjadi rujukan kuat di setiap fatwa-fatwanya baik dalam kehidupan agama, sosial, ekonomi, pendidikan dan politik.

Nahdlatul Ulama merupakan organisasi yang berdiri pada 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur. Beberapa pendiri organisasi ini adalah Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari, Abdul Wahab Hasbullah dan Bisri Syansuri. Organisasi ini bersama para tokoh-tokohnya sudah terlibat dalam pembangunan Indonesia sejak sebelum kemerdekaan.

Adapun Muhammadiyah berdiri lebih dulu dari NU. Organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 di Yogyakarta. Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari sejatinya adalah teman dan memiliki guru yang sama ketika di Makkah. Tetapi mereka berjuang di bawah benderanya masing-masing.

Meski demikian perbedaan organisasi bukan persoalan yang perlu diperdebatkan selama masih berada di jalan yang benar dan mengakui Pancasila sebagai asas negara. Berikut 10 Ormas terpopuler di Indonesia yang berpaham Sunni:

1. Nahdlatul Ulama berdiri pada 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur.

2. Muhammadiyah berdiri pada 18 November 1912 di Yogyakarta.

3. Al Irsyad Al Islamiyah berdiri pada 6 September 1914

4. Al Washliyah adalah ormas Islam dari Sumatera Utara yang kini anggotanya terbesar di Riau, Aceh dan Jawa Barat. Ormas ini didirikan pada 30 November 1930.

5. Wahdah Islamiyah berdiri pada 18 Juni 1988. Tergolong baru dibandingkan ormas di atas. Namun keberadaannya kini kian populer dengan ulamanya Ustaz Zaitun Rasmin yang vokal berbicara tentang Islam di berbagai media dan forum-forum seminar.

6. Hidayatullah didirikan pada 5 Februari 1973 oleh Abdullah Said. Ormas ini dikenal karena sering mengirimkan dai’dainya ke daerah terpencil di Indonesia.

7. Alkhairat merupakan ormas terbesar dari kawasan Indonesia Timur dan pusatnya di Palu, Sulawesi Tengah. Didirikan pada 11 Juni 1930 di Kota Palu oleh Idrus bin Salim Al Jufri.

8. Mathla’ul Anwar adalah salah satu ormas tertua di Indonesia yang berdiri pada 10 Juli 1916 di Menes, Pandeglang, Banten.

9. Persatuan Islam berdiri pada 12 September 1923 oleh sekelompok orang yang berminat di bidang pendidikan dan aktivitas keagamaan yaitu Haji Zamzami dan Haji Muhammad Yunus di Kota Bandung.

10. Nahdlatul Wathan adalah ormas yang berpusat di NTB. Organisasi ini didirikan pada 1 Maret 1953 oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Pancor Lombok Timur.

Sumber : Republika

Sebelumnya :
Selanjutnya :