BELAJAR SIRAH NABI DENGAN USTADZ HEPI ANDI BASTONI

BELAJAR SIRAH NABI DENGAN USTADZ HEPI ANDI BASTONI

Ummattv, "Ada lima yang penting diajarkan", terang Ustadz Dr. Hepi Andi Bastoni membuka nasehat kepada kami kemarin (29/5) setelah kami menjelaskan bagaimana perkembangan Kuttab Al Kahfi Indonesia (KAFI) yang kami dirikan.

Kelima hal tersebut adalah Aqidah, Akhlak, Al Qur'an, Hadist dan Sirah. Secara berurutan beliau menjelaskan kelima hal tersebut. Demikian diskusi awal kami, team KAFI yang diwakili  Ustadz Gun gun, Ustadzah Iis Endah Ribuanti (Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah KAFI), Ustadz Muhammad Shalihin (Kepala Kuttab) dan Ustadzah Dita Pertiwi (Koordinator Al-Qur'an).

Khusus untuk materi Sirah beliau menekankan metode pengajarannya. "Belajar Sirah bukan untuk menghafal tanggal dan tempat", jelas beliau. Kemudian Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia Kota Bogor ini menjelaskan pentingnya mengambil inspirasi dan manfaat dari Sirah yang sedang diceritakan kepada santri. 

Alhamdulillah kami bersyukur sekali kurang lebih lima pelajaran tersebut hingga saat ini sudah kami ajarkan dan menjadi bagian penting kurikulum kami. Tentu dibawah pengawasan Pembina Syariah kami Ustadz Dr. Samsul Basri.

"Di sini (rumah quran Az-Zumar) tiap Kamis dibacakan Sirah", ujar beliau menyampaikan salah satu agenda rutin rumah quran yang didirikan disamping rumah beliau. Dengan metode yang tepat kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu para santri. "Ada enam orang santri dan empat guru" kata beliau saat ditanya jumlah santri dan guru rumah qurannya.

Saat ini beliau sedang aktif menggarap dakwah digital tentunya dengan tema besar sirah. "Setiap bulannya buat podcast untuk diolah jadi 30 episode", ujar beliau seraya kami diperkenankan melihat ruang kerja beliau yang juga jadi tempat take video podcast. 

Kami diterima dengan sangat baik oleh beliau. Masya Allah banyak nasehat yang berharga yang kami dapatkan dan tidak semua bisa kami tulis disini. Jazakallah Khairan Katsir guru kami Ustadz @hepiandibastoni. 

Bogor, 30 Mei 2023

#ustadzhepiandibastoni #ustadzhepi #silaturahmi #silaturahmiulama #silaturahmikeulama #ikadi #ikadikotabogor #sirah #sirahnabawiyah #sirahsahabat #sirahsahabatnabi #kuttab #kuttabalkahfi

Sebelumnya :
Selanjutnya :