BAZNAS Tingkatkan Kapasitas Amil di Papua Lewat Pelatihan Berbasis Kompetensi

BAZNAS Tingkatkan Kapasitas Amil di Papua Lewat Pelatihan Berbasis Kompetensi

UMMATTV, JAKARTA--Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar pelatihan berbasis kompetensi kepada seluruh amil BAZNAS se-provinsi Papua, pada 24-27 Januari 2022 dan digelar secara daring. Sebanyak 11 pimpinan BAZNAS se-Papua, 12 amil pelaksana, dan 30 amil Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkungan BAZNAS Provinsi Papua turut mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan bertujuan untuk memberi pemahaman secara komprehensif mengenai sistem pengelolaan zakat, baik dari segi fikih zakat, peraturan zakat yang berlaku di Indonesia, maupun dua kegiatan utama amil yaitu pengumpulan dan penyaluran ZIS.

"Selain itu para peserta juga diberi pemahaman mengenai fungsi dan tugasnya masing-masing, baik sebagai pimpinan ataupun sebagai amil pelaksana hingga dapat menjalankan amanah tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan, MA.

Saidah menyebut, pola pelatihan terdiri dari presentasi materi, diskusi, studi kasus, penugasan, dan praktik. Berbagai materi itu akan memperkuat sumber daya manusia yang dimiliki BAZNAS, agar merata di seluruh daerah, tak hanya di Pulau Jawa saja, namun juga menyebar hingga timur Indonesia.

"Saya menyambut baik seluruh ikhtiar dalam kegiatan ini karena penguatan SDM menjadi prioritas BAZNAS. Jadi forum ini menjadi ikhtiar kita yang betul-betul kita lakukan, secara terstruktur dan masif, yang kita lakukan secara nasional," ucap Saidah. 

Melalui rangkaian pelatihan ini, diharapkan nantinya para amil BAZNAS dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai visi BAZNAS sebagai lembaga utama menyejahterakan umat. 

"Karena sesuai tujuan BAZNAS untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, maka BAZNAS harus baik pula di dalamnya. Itu yang selalu BAZNAS utamakan sejak dulu. Alhamdulillah sudah sangat terjaga dengan baik hingga kini, melalui berbagai pelatihan dan penguatan SDM lainnya," ujar Saidah.*

Sumber: Baznas.go.id

Sebelumnya :
Selanjutnya :