ATM Merdeka Pangan Diluncurkan Saat Peresmian Masjid Al Istiqomah, BSD Tangsel Banten.

ATM Merdeka Pangan Diluncurkan Saat Peresmian Masjid Al Istiqomah, BSD Tangsel Banten.

"ATM ini menjadi (solusi) kondisi masyarakat yang pas-pasan..." Ungkap Ketua Yayasan Al Istiqomah H. Darmono. Kenapa? Karena ATM ini disebut dengan "ATM 10.000 Hidup"

JAKARTA UMMATTV.COM - Ustadz Das'ad Latif  merupakan dai Nasional dan Walikota Tangerang Selatan melakukan pembelian Sembako melalui Mesin ATM Merdeka Pangan setelah meresmikan bangunan baru Masjid yang berada di dalam kawasan Perumahan Giriloka 1&2 BSD, Tangsel Banten Minggu, 3 Desember 2023.

"ATM ini menjadi (solusi) kondisi masyarakat yang pas-pasan..." Ungkap Ketua Yayasan Al Istiqomah H. Darmono. Kenapa? Karena ATM ini disebut dengan "ATM 10.000 Hidup" dimana warga masyarakat dapat belanja kebutuhan pokok rumah tangga di mesin ini walau dengan nominal sepuluh ribu rupiah.

Sebagai Solusi Hidup, keunikan dan keunggulan Mesin ATM ini diantaranya : 1) ‌Tampilan Mesin menarik, 2) Sistem penimbang dengan kilogram, dari 0,1Kg s/d 5 Kg, 3) Waktu Proses 15-45 detik, 4) Pengambilan beras dan minyak goreng menggunakan kartu NFC, 5) Dapat diintegrasikan pada data center dan real time, 6) ‌Daya listrik rendah, 7) ‌Mudah dalam perawatan, 8) Harga jual mesin ATM beras ini relatif murah, 9) Cara kerja ATM mudah dan sederhana, 10) Kapasitas penyimpanan 100 kg Beras/Gula dan 100 kg Minyak Goreng/Terigu. Dijelaskan oleh Andre Arifin salah satu Tim K4 Project yang membidangi permesinan ATM.

Prototipe mesin ini (yang diluncurkan) menampung 2 jenis bahan pokok yaitu beras dan minyak goreng (migor). Sedang berjalan pula produksi ATM untuk gula pasir dan tepung terigu.

"Nantinya ada 4 bahan Pokok yang akan ada di mesin ATM (Merdeka Pangan) ini; Beras, Migor, Gula dan Terigu" Deka MR menjelaskan kepada Ustadz Das'ad Latif dan Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Keunggulan ATM Merdeka Pangan dalam proses terjangkaunya di masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan Akses: ATM MP memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan sembako. Masyarakat dapat secara mandiri tanpa harus datang ke tempat penjualan beras fisik.

2. Efisiensi Waktu: Dengan menggunakan ATM MP, masyarakat dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengantri di tempat penjualan, dapat membeli kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

3. Keamanan: ATM 10.000 Hidup memberikan keamanan dalam proses transaksi. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai yang berisiko hilang atau dicuri. Mereka dapat menggunakan kartu ATM Merdeka Pangan untuk mengambil sembako dengan aman.

4. Pengendalian Stok: ATM MP memungkinkan pengendalian stok beras yang lebih baik. Pemerintah atau pihak terkait dapat memantau jumlah sembako yang tersedia dan mengatur distribusinya secara efisien.

5. Transparansi: Penggunaan ATM MP juga memberikan transparansi dalam proses distribusi. Masyarakat dapat melihat saldo ATM mereka dan memastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah sembako yang sesuai dengan hak mereka.

Dengan keunggulan-keunggulan ATM Merdeka Pangan dapat mempermudah dan meningkatkan akses masyarakat terhadap sembako dengan lebih efisien dan transparan.

Mesin ATM 10.000 Hidup lengkap dengan Kartu ATM Merdeka Pangan merupakan Inovasi dari K4 Project Bersama Gagas ( PT. Gagas Ritel Indopangan Sejahtera) dan Masjid Al Istiqomah sebagai solusi pemenuhan kebutuhan dan pemerataan sebaran sembako serta solusi pembayaran di era digital.

Saat diluncurkan beberapa Ketua DKM Masjid dan Majelis Ta'lim yang hadir langsung menyampaikan rencana mereka untuk memesan dan memiliki mesin ATM Merdeka Pangan.

Animo masyarakat terlihat dalam ramai berdatangan sekitar 3.000 orang dan meriahnya acara sejak satu hari sebelumnya dengan rangkaian kegiatan Festival Kesenian Islami terdiri dari Lomba Hadroh bagi siswa-siswi SMP sederajat dan Qosidah bagi Ibu-ibu Majelis Ta'lim Se-Tangerang Selatan dan sekitarnya. Ada pula Bazaar baju preloved dan Bazaar kuliner jajanan.

Sebelumnya :