Ust.Yaser Arafat Liputo : Apa Yang Dikhawatirkan Nabi Pada Umatnya?

Ust.Yaser Arafat Liputo : Apa Yang Dikhawatirkan Nabi Pada Umatnya?

BOGOR  Ustad Yaser Arafat Liputo tampil sebagai narasumber utama pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad Shallahu alaihi wassalam ,di masjid Itishom Budi Agung Bogor, Sabtu (14/10/2023).

Dengan bawaan yang cukup tegas dan sedikit humor, ustad Yaser menjelaskan materi cukup detail. Tapi membuat jamaah mudah menerimanya.

Adapun tema yang dibawakan "Apa yang dikhawatirkan Nabi terhadap Umatnya", menjadi instrokpeksi buat kita semua.

Ustad Yaser memaparkan bahwa negeri yang maju itu memiliki dua hal diantaranya kearifan orang tua dan semangatnya anak muda.

Diriwayatkan HR Muslim : Dikisahkan oleh Saad bin Abi Waqqas, Nabi berdoa 3 hal, meminta malaikat Jibril untuk mengaminkan. 2 doa dikabulkan pertama Janganlah kiranya Kau binasakan ummat Nabi Muhammad dengan kelaparan, Allah menjawab : Dijamin. Kedua janganlah kiranya kau binasakan ummat Muhammad dengan tenggelam, spt ummat nabi Nuh Alaihissalam, Allah menjawab : Dijamin

Doa yg ketiga ; janganlah kiranya kau binasakan ummat Muhammad dengan permusuhan, dan tidak ada jawaban Allah.

Hal ini adalah pesan kuat bahwa hidup kita selalu ada musuh.

Ulama Mesir Mustafa Mas'ud, menyatakan kalau cuma manusia kita tidak punya musuh, yang ada kawan tapi suka melawan.

Siapa musuh kita ?. Alquran telah menjelaskan perihal musuh manusia antara lain 

1. Syetan - Qs. 2:208 Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Musuh yg tidak pernah menjadi kawan adalah syetan, satu-satunya makhluk yg tidak pernah diberikan kesempatan taubat sampai hari kiamat kelak. Hari kiamat dia akan lari dari pengikutnya yg mempersalahkannya.

Lebih lanjut doa paling utama dalam hidup manusia, mengucapkan bismillah dalam segala urusan. Bismillah itu tasmiyah.

Pesan berikutnya yang disampaika ustad Yaser adalah agar anak sukses, jagalah di tiga hal.

1. Meja makan : bismillah, tangan kanan dan ambil yg terdekat.

2. Ruang tidur

3. Kamar mandi

Jenis Syetan dari Jin dan manusia.

2. Manusia yang paling keras permusuhannya kepada kaum muslimin yaitu Yahudi dan orang orang Musyrik.

Qs. 5:82 - Sungguh kamu -wahai Rasul-, benar-benar akan mendapati bahwa orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman kepadamu adalah orang-orang Yahudi; karena rasa dengki, iri hati, dan kesombongan yang ada di dalam hati mereka, para penyembah berhala, dan orang-orang musyrik lainnya.

3. Musuh ada di dalam keluarga

Qs. 64:14 - Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Cobaan pertama nabi Adam adalah tragedi Habil dan Qabil.Tugas besar syetan adalah memisahkan keluarga.

Sebab permusuhan

1. Kalau pasangannya tidak tahu berterima kasih. Anak tidak dididik berterima kasih. Manusia yg tidak tahu terimakasih, bagaimana dia bisa bersyukur kepada Allah. Makna terimakasih, kita ada karena orangtua kita dan menyiapkan anak-anak penerus.

2. Adanya penyakit dengki. Hadits : jauhi hasad/dengki, karena kedengkian memakan habis semua kebaikanmu. Seperti api yang memakan kayu bakar. Dengki dalam penjelasan oleh Aa Gym adalah "Susah lihat orang senang, senang lihat orang susah." Qobil membunuh Habil karena dengki.

3. Orang yang mudah berputus asa, jangan pernah menyerah untuk mencoba, jangan pernah mencoba untuk menyerah.

Wallahu a'lam.

Sebelumnya :
Selanjutnya :