Ulama Muda dari Ukraina Syekh Murat Suleymanov Ada di Indonesia

Ulama Muda dari Ukraina Syekh Murat Suleymanov Ada di Indonesia

Sejak 2015, ia menjabat sebagai imam bagi umat Islam di Lviv. Beliau juga pernah menjadi wakil mufti dari Administrasi Spiritual Muslim Ukraina.

Syekh Murat Suleymanov. Lahir di Krimea, Syekh Murat Şayib oğlu Suleymanov adalah keturunan Tatar Krimea. 

Sejak kecil, ia mempelajari Islam dan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2008 di sebuah sekolah penghafal Alquran, menghafal seluruh isi Alquran. 

Pada tahun 2013, ia lulus dari Universitas Yaman dengan gelar sarjana ilmu Syariah. Pada tahun yang sama, Syekh Murat menerima sertifikat dalam bidang fikih Hanafi dari Syekh Muhammad Ahmad Amoh, mufti kota Hodiedah di Yaman.

Sejak 2015, ia menjabat sebagai imam bagi umat Islam di Lviv. Beliau juga pernah menjadi wakil mufti dari Administrasi Spiritual Muslim Ukraina. "Ummah" sejak tahun 2016, menjabat sebagai perwakilan administrasi di Ukraina Barat. 

Beliau telah menjadi anggota Dewan Fatwa dan Riset Ukraina sejak 2019. Pada Juni 2022, ia mengemban tugas sebagai mufti Administrasi Spiritual Muslim Ukraina "Ummah" ketika penjabat mufti, Said Ismagilov, memutuskan untuk maju ke medan perang. 

Pada 8 November 2022, ia secara resmi terpilih sebagai mufti Administrasi Spiritual Muslim Ukraina "Ummah".

Ia fasih berbahasa Rusia, Ukraina, Tatar Krimea, dan Arab. Menikah dengan dua orang putri, beliau adalah seorang Hafiz Al-Qur'an dan anggota departemen penelitian di Dewan Fatwa dan Riset Eropa. Ia menganggap bahwa misi utamanya adalah untuk menyampaikan pesan Al-Quran kepada semua orang.

Sebelumnya :