Senyum Sehat Menyambut Ramadan: FKG USK Berikan Layanan Gigi Gratis

Senyum Sehat Menyambut Ramadan: FKG USK Berikan Layanan Gigi Gratis

BANDA ACEH UMMATTV.COM  - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (USK) memberikan pelayanan kesehatan gigi gratis dalam rangka menyambut Ramadan. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Senyum Sehat Indonesia Menyambut Ramadan 1445 H” dan dilaksanakan 6-7 Februari 2024.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc dan turut menghadirkan Brand Ambassador Unilever Zaskia Adya Mecca di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) USK, Banda Aceh, (6/2/2024).

Adapun rangkaian kegiatan ini diantaranya memberikan edukasi kesehatan gigi kepada 1.000 santri/siswa yang telah dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum Jambo Tape, TPQ Plus Masjid Raya Baiturrahman, TPA Masjid Rawa Sakti Jeulingke, serta sekolah dasar atau madrasah lainnya di Kota Banda Aceh.

Selain itu, melalui kegiatan ini FKG juga memberikan perawatan gigi secara gratis kepada 500 santri. Perawatan tersebut meliputi pencabutan gigi sederhana, scaling, penambalan sederhana dan preventive dentistry.

Dekan FKG USK Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG mengatakan, kegiatan Senyum Sehat Indonesia ini merupakan bentuk dukungan USK terhadap upaya pemerintah mewujudkan Indonesia Bebas Karies Tahun 2030.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ungkap Cut Soraya, maka sudah semestinya edukasi kesehatan gigi dilakukan sedini mungkin kepada anak-anak. Oleh sebab itu, fokus kegiatan ini memberikan pelayanan kesehatan gigi gratis dan edukasi kepada masyarakat khususnya para santri, agar lebih termotivasi menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mengubah perilaku yang lebih sehat dari anak-anak kita. Dari yang tidak peduli, menjadi lebih peduli dengan kesehatan gigi dan mulutnya,” ucap Cut Soraya.

Selanjutnya, Mustanir mengatakan, pimpinan universitas sangat menyambut baik kegiatan ini. Sebab dia menilai, untuk menyambut bulan Ramadan itu setidaknya ada tiga hal yang harus dipersiapkan yaitu persiapan kognitif, ruhiyah, dan fisik.

Adapun salah satu persiapan fisik tersebut wujudnya adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, agama Islam juga mengajarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ini. Salah satunya adalah anjuran Rasulullah untuk menggunakan siwak.

“Kami sangat mengapresiasi program seperti ini, yang tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat, tapi juga syiar kita khususnya masyarakat muslim untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut,” ucapnya. (Sayed M. Husen)

Sebelumnya :