Rumah Kreatif BAZNAS Diluncurkan di Bandung

Rumah Kreatif BAZNAS Diluncurkan di Bandung

UMMATTV, BANDUNG--Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan Rumah Kreatif BAZNAS yang digunakan untuk pembinaan serta pemberdayaan mustahik. 

 Hadir dalam acara tersebut, Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Agus Siswanto; Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, dan istri, Siti Rohimah yang juga pembina Kelompok Zero to Hero.

 Dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui zakat produktif, BAZNAS mendorong para penerima zakat (mustahik) menjadi micropreneur mandiri," ujar Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Agus Siswanto di Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). 

Menurut Agus, program ini bertujuan mewujudkan kemandirian pengusaha mikro melalui pemberian modal usaha, pendampingan, serta pelatihan untuk membantu mustahik mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan. 

 Sejak tahun 2018-2020, papar Agus, BAZNAS telah memberikan bantuan modal usaha dan pendampingan di wilayah Bandung. Yakni, pada 2018 membina kelompok Zmart yang memiliki 30 anggota dan pada 2020 tiga kelompok mustahik yang terdiri atas kelompok fashion (20 orang), kelompok craft (20 orang), dan kelompok tata rias (19 orang). 

Dia menambahkan, sebagai bentuk kemandirian, paguyuban mustahik ini membentuk kelompok bersama dalam wadah Koperasi Usaha Bersama “Zero to Hero”. Penggabungan dan pembentukan koperasi sebagai bentuk kemandirian kelompok harus berkelanjutan dan mendorong usaha yang berkelanjutan.

“BAZNAS memiliki banyak program pemberdayaan masyarakat, di antaranya adalah Zmart, Zchicken, ZAuto, Santripreneur, Zakat Community Development, Balai Ternak, Bank Zakat, dan ekonomi kreatif. Dengan program-program ini, diharapkan dapat membantu mustahik terlepas dari kemiskinan hingga menjadi muzaki,” ujar Agus. 

Dia menambahkan, peluncuran rumah kreatif BAZNAS ini sebagai bentuk layanan untuk mustahik dalam mengembangkan usaha dan tempat berbagai informasi, pelatihan dan pendampingan usaha mustahik. 

"BAZNAS berterima kasih kepada Ibu Siti Rohimah, sebagai pembina Kelompok Zero to Hero yang sangat membantu para mustahik bahkan menyediakan tempat sebagai rumah kreatif BAZNAS," kata Agus.

Sementara itu, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, mengapresiasi peluncuran rumah kreatif tersebut dan berharap dapat bersinergi dengan semua pemangku kepentingan di Pemkab maupun BAZNAS Kabupaten Bandung untuk terus membina dan membantu mustahik. “Selamat dan sukses atas peluncuran rumah kreatif BAZNAS,” ujar Bupati Dadang. 

Sebagai informasi, Rumah Kreatif BAZNAS ini adalah pusat kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatan ini, BAZNAS juga memberikan bantuan legalitas kelompok sebagai bentuk kemandirian kelompok.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :