Prof Veni Hadju : PEMIMPIN CERDAS (49)

Prof Veni Hadju : PEMIMPIN CERDAS (49)

"Dia (Yusuf) berkata, "Jadikanlah aku bendaharawan negeri (Mesir); karena sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, dan berpengetahuan.""(QS. Yusuf 12: Ayat 55)

Pesan Dakwah 23 Rajab 1445H.

By: Prof. Veni Hadju

Nabi Yusuf tidak saja tampan, namun juga cerdas. Setelah melalui lika liku kehidupan dan ujian yang berat, diangkatlah Yusuf oleh Raja Mesir menjadi Bedahara Kerajaan yang bertanggungjawab terhadap kesejahteraan rakyatnya. Sesuai mimpi raja yang ditakwilkan oleh Yusuf, akan terjadi musim yang membuat tanaman subur dalam 7 tahun sebelum datang musim paceklik 7 tahun berikutnya.

Nabi Yusuf tampil melaksanakan program pertanian untuk bisa mengatasi krisis pangan di masa yang akan datang yang merupakan kebutuhan dasar masyarakatnya. Rumusnya sederhana bagaimana agar hasil panen dalam 7 tahun bisa digunakan secara efisien dan disimpan untuk bisa digunakan selama musim paceklik. Ternyata upaya ini tidak semudah yang dibayangkan. Mengajar masyarakat untuk giat dan bekerja keras memanfaatkan peluang berupa cuaca yang mendukuñg dan selanjutnya saat panen sudah melimpah, Nabi Yusuf mendidik lagi masyarakatnÿa untuk tidak boros. Disinilah kecerdasan Nabi Yusuf teruji. Segala ilmu yang terkait dilaksanakan dengan baik di lapangan. Alhamdulilah, program berhasil dan rakyat semakin sejahtera.

Pemimpin yang cerdas serta bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mensejahterakan rakyat sangat dibutuhkan. Hidup tidak boros dan menabung di masa lapang dan mengantisipasi kesulitan yang bisa terjadi adalah upaya untuk menghindarkan diri kita dari malapetaka di suatu negeri. Terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat adalah dasar terwujudnya keamanan dan kehidupan bahagia. Cerita Nabi Yusuf secara detail telah diceritakan dengan indahnya dalam Kitab Allah. Saat diiberi Jabatan Pimpinan oleh raja, Nabi Yusuf menyatakan kesiapannya dengan penuh percaya diri.

Qoolaj'alnii 'alaa khozaaa-inil-ardh, innii hafiizhun 'aliim.

"Dia (Yusuf) berkata, "Jadikanlah aku bendaharawan negeri (Mesir); karena sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, dan berpengetahuan.""

(QS. Yusuf 12: Ayat 55)

JADILAH PEMIMPIN CERDAS YANG MELINDUNGI DAN MEMAHAMI KEBUTUHAN MASYARAKATNYA.

Sebelumnya :