Prof. Veni Hadju : MAAF (1)

Prof. Veni Hadju   : MAAF (1)

Meminta MAAF adalah ajaran Islam yang sangat indah.  Mungkin terindah dari ciptaan Allah di alam semesta ini. Tidak sedikit masalah yang selesai hanya dengan kalimat "Mohon MAAF, saya salah."

Pesan Dakwah 1 Syawal 1445H

By: Prof. Veni Hadju


MAAF (1)

Tidak ada kata yang sering kita ucapkan di hari yang Fitri ini kecuali MAAF. Maafkanlah hamba-Mu ini ya Allah yang masih banyak lalai dalam ketaatan kepada-Mu. Maafkanlah aku, wahai istri dan anak-anakku, karena belum mampu menjadi yang terbaik seperti Rasulullah. Maafkanlah saya wahai para kerabat dan sahabatku, karena diri ni sangat lemah dan jauh dari kesempurnaan.


Meminta MAAF adalah ajaran Islam yang sangat indah.  Mungkin terindah dari ciptaan Allah di alam semesta ini. Tidak sedikit masalah yang selesai hanya dengan kalimat "Mohon MAAF, saya salah."  Konflik yang berkepanjangan antar sesama manusia kadang karena ketiadaan kemauan untuk meminta MAAF. Diperlukan kebersihan hati dan keikhlasan yang tinggi untuk mengucapkannya. Namun, Allah menyiapkan pahala yang besar.


Allah menginginkan semua makhluknya hidup damai dan berkasih sayang. Meminta maaf memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah. Ada wujud hati yang bersih dan dada yang lapang. Ada rasa cinta kepada sesama saudara  dan menerima segala keterbatasan dan kekhilafan. Manusia memang tempat segala kesalahan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


"Jika kamu menyatakan sesuatu kebajikan, menyembunyikannya, atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Kuasa." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 149)


MAAFKAN SAUDARAMU SEBAGAIMANA ENGKAU MENGHARAPKAN MAAF DARI-NYA.


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Mohn Maaf Lahir dan Batin.

Sebelumnya :
Selanjutnya :