Pengasuh pesantren Asia Tenggara ingin hilangkan sekat antar sesama

Pengasuh pesantren Asia Tenggara ingin hilangkan sekat antar sesama

KH. Hadiyanto menjelaskan dengan berkumpulnya para pengasuh pesantren se-Asia Tenggara di Pondok Pesantren Darunjannah ini bisa saling membantu dalam pembangunan sebuah pesantren.

UMMATTV.COM JAKARTA - Para pengasuh pesantren seluruh Asia Tenggara berkumpul di Konferensi yang diselenggarakan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I) bertujuan untuk menghilangkan sekat antara sesama pesantren.

"P2I ingin menghilangkan sekat bahwa sinergitas pesantren itu tidak lagi boleh membeda-bedakan apakah itu pesantren modern dan segala macam," kata Pimpinan Darunnajah KH. Hadiyanto Arief saat ditemui di Jakarta, Selasa, (8/11).

Hadiyanto menjelaskan dengan berkumpulnya para pengasuh pesantren se-Asia Tenggara di Pondok Pesantren Darunjannah ini bisa saling membantu dalam pembangunan sebuah pesantren.

Diharapkan sebanyak 280 pesantren dari Malaysia hingga Timor Leste yang hadir bisa berbagi ilmu dan pengalaman selama membangun pesantren di negaranya masing-masing.

Menurut dia, Indonesia bisa memiliki peran sentral dalam ranah pondok pesantren lantaran banyak menghasilkan santri yang multitalenta.

"Mereka tertarik ingin melihat pesantren bisa melahirkan SDM yang moderat dan toleran seperti santri bisa tampil, nyanyi, pramuka, bisa segala macam," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Hadiyanto menambahkan pihak Universitas Darunnajah berencana untuk membuka program studi Manajemen Pesantren.

"Karena ilmunya sudah kita kuatkan mulai dari proses awal, bagaimana mencari pendanaan hingga memperkuat manajemen yang sudah disiapkan," tuturnya.

Diketahui, Konferensi Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara ini dilaksanakan pada 7 hingga 8 November 2022. Konferensi ini merupakan kedua kalinya setelah yang pertama digelar pada 2017

Sebelumnya :
Selanjutnya :