Jauhkan dari Gadge, RQ Zhafirah Luncurkan Program Tahfidz Holiday Santri Putri

Jauhkan dari Gadge, RQ Zhafirah Luncurkan Program Tahfidz Holiday Santri Putri

BOGOR UMMATTV.COM - Rumah Qur’an Zhafirah (RQ Zhafirah) menggelar program perdana Tahfidz Holiday di Gang Masjid Jami Baiturrohmah, Situpete RT 01/RW 10, Sukadamai Tanah Sareal, Kota Bogor. Program tersebut ditujukan bagi santri khusus putri tingkat SD dengan memanfaatkan hari libur, yaitu Sabtu dan Ahad. (10-11/2/2024).

Program perdana ini diikuti oleh tujuh anak putri, antara lain Sarah, Azka, Aqila, Putri, Amirah, Zhafirah, dan Fathimah. Berbagai kegiatan pun disusun untuk membuat suasana ceria dan menyenangkan bagi para peserta, di antaranya ngaji bersama, tahfidz bersama, permainan, jalan pagi, shalat berjamaah, serta beberapa program lainnya yang bertujuan memberikan variasi dan alternatif pembelajaran.

Ustadzah Dr. Dewi Suriyani, selaku pendiri RQ Zhafirah, menjelaskan bahwa latar belakang pembentukan RQ Khusus Putri ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak santri untuk menjauhkan diri dari pengaruh gadget setidaknya selama 24 jam penuh. "Anak-anak mulai masuk pada hari Sabtu pukul 16.00 hingga Ahad pukul 16.00. Artinya, selama periode 24 jam tersebut, para santri akan terlibat dalam kegiatan yang mengajak mereka aktif, baik dari segi hafalan dan bacaan Alquran, pembentukan akhlak, adab, maupun ruhiyah," ungkapnya, yang juga menjabat sebagai dosen di UIKA Bogor.

Husnul Bidayah, S.Pd., yang bertindak sebagai Pembina RQ Zhafirah, memberikan tips agar para santri bisa lebih serius dalam belajar dan menghafal Al-Quran. Menurutnya, dengan menghafal Al-Quran sejak dini, selain kemampuan mengingat yang masih kuat, perilaku anak-anak juga dapat terjaga. "Tahfidz Holiday ini dirancang untuk memanfaatkan hari libur sekolah sebagai alternatif belajar Al-Quran, adab, dan materi keislaman lainnya yang lebih terstruktur, karena dapat langsung dipraktikkan," ujarnya, yang juga merupakan mahasiswa di LIPIA Jakarta serta seorang hafidzah.

Program Tahfidz Holiday ini diharapkan dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter dan kecintaan anak-anak terhadap Al-Quran serta nilai-nilai keislaman yang lebih mendalam.

Sebelumnya :