Majukan Ekonomi Syariah, KSEI AkSES LIPIA Sukses Besar Gelar SCOFEST 2023

Majukan Ekonomi Syariah, KSEI AkSES LIPIA Sukses Besar Gelar SCOFEST 2023

Jakarta (Ummattv.com) - Kelompok Studi Ekonomi Islam Aktivis Syiar Ekonomi Islam (KSEI AkSES) LIPIA Jakarta sukses menyelenggarakan event besar tahunannya yaitu SCOFEST (Sharia Economic Festival) tahun 2023.


Event tersebut diselenggarakan pada 11-12 November 2023 di lokasi yang berbeda. Pada hari Sabtu, 11 November 2023 diadakan di Masjid Raya Palapa Baitus Salam yaitu Tabligh Akbar dengan judul "Kok, Dikit-Dikit Haram" dengan pematerinya Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi Anwar, Lc, M.A, dimoderatori oleh Ustadz Abdurrahman Zahier Lc, dan dihadiri 1.200 peserta.


Selanjutnya pada hari Ahad, 12 November 2023 acara SCOFEST dilaksanakan di Graha Nandika Sucofindo yang menyajikan Halal Talk Show dan National Business Competition. Acara tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Al-qur’an oleh Mufid Alizzah, yang mana ia sempat juara 4 Musabaqoh Internasional Raja Abbdul Aziz ke-43 tahun 2023 cabang 30 juz di Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarramah.


Turut hadir Bapak Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan Apresiasinya kepada Mahasiswa LIPIA atas suksesnya SCOFEST 2023 "Saya salut dan bangga khususnya kepada adik-adik Mahasiswa LIPIA Jakarta atas acaranya yang luar biasa SCOFEST 2023," Ucap Menteri Sandi.


Pada kesempatan yang sama, KH. M. Cholil Nafis, Lc., Ph.D, sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Bid. Dakwah turut memberikan kata sambutan dan salam sukses atas terselenggarakannya SCOFEST


"Sebagai Alumni LIPIA saya merasa haru dan berbangga hati melihat semangat dari Mahasiswa LIPIA dalam hal menyuarakan Ekonomi Syariah lewat SCOFEST 2023"


Pada acara tersebut hadir Bapak Muhammad Irfan Sukarna sebagai Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, dalam sambutannya beliau mengatakan “Kami tidak membayangkan akan acara sebesar dan semegah ini, karena Kami baru dengar LIPIA dalam ekonomi syariah tetapi sudah menunjukkan eksistensinya”. pungkasnya.


Ketua Umum KSEI AkSES LIPIA Sholahuddin Al Ayyubi dalam hal ini mengucapkan rasa terimakasihnya kepada segenap unsur yang turut mensukseskan SCOFEST tahun 2023, menurutnya tanpa adanya pihak-pihak yang mendukung acara tersebut, maka SCOFEST 2023 tidak bisa meraih kesuksesan.


"Mengucapkan rasa terimakasih dari kami segenap pengurus dan juga panitia kepada segenap dan juga seluruh pihak yang mendukung serta memberikan support terbaiknya kepada SCOFEST tahun 2023 ini" Ucap Ayyub.


Menilik pada Leader Insight yang dipimpin oleh Bapak Ir. Adiwarman Karim, SE., MBA., MAEP., selaku wakil komisaris BSI berhasil mengguncangkan gedung Graha Nandika Sucofindo yang dihadirin kurang lebih sebanyak 1500 orang.


Peserta yang hadir sangat antusias dan berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan yang Pak Adiwarman berikan. “Terkadang kita yang bekerja, tetapi orang yang menikmati hasilnya, Oleh karena itu, sebagai seorang muslim harus menjadi orang yang sabar dan bersyukur" Ucap Bang Adi Saapan Akrabnya.


Arief Rosyid Hasan Komisaris Bank Syariah Indonesia 2021-2023 turut hadir dan juga menyampaikan padangannya terkait kondisi Ekonomi Syariah hari ini, menurutnya anak muda tidak lagi harus berada di pinggir, harus menjadi pemain utama dalam memperjuangkan Ekonomi Syariah.


SCOFEST menghadirkan Halal Talk Show yang terbagi atas dua sesi. Sesi pertama membahas tema "Bagaimana Halal Lifestyle Menjadi Trend Kawula Muda" yang menghadirkan pembicara Greget Kalla Buana, SE.,M.Sc., seorang Islamic Finance Specialist dan Mohammad Kautsar Hikmat, sebagai Public Figure dan Owner Emka Clothing. Dan tak kalah menarik juga, terdapat moderator yang sangat kompeten yaitu Abdul Azzam Lathif, B.B.A, seorang Founder KSEI AkSES LIPIA.


Pada Talk Show sesi kedua menghadirkan Ustadz Ali Hasan Bawazier selaku ketua DPP al-Irsyad dan Ustadz Subhan Bawazier, seorang Muslim Bikers Indonesia. Kemudian dimoderatori oleh Nafis Alkhairi, B.B.A., AWP, selaku Founder KOSA KSEI.


Pada lain kesempatan Alumni LIPIA sekaligus Ketua Umum KSEI AkSES LIPIA periode 2018-2019 Abdul Azzam Lathif, menyampaikan rasa takjubnya kepada kepengurusan serta kepanitiaan SCOFEST 2023.


"Tentu saya sebagai Alumni dan abang dari adik-adik saya ini, saya merasa bangga dan juga merasa takjub luar biasa. semakin berkembang dan juga semakin keren," kata Latif.


Latif berharap agar SCOFEST bisa dilanjutkan di tahun depan. "harapan saya agar SCOFEST di tahun depan lebih sukses lebih pecah lagi," ucap Presiden BEM LIPIA tahun 2022 itu.

Sebelumnya :