MT Al Istiqomah Giriloka BSD Gelar Kajian Bersama Ustadzah Lulung Mumtaza

MT Al Istiqomah Giriloka BSD Gelar Kajian Bersama Ustadzah Lulung Mumtaza

Kajian Dhuha yang rutin dilaksanakan di Masjid Al Istiqomah Giri Loka 1&2 BSD ini rutin dimulai jam 08:00 -11:00 WIB  

TANGERANG UMMATTV.COM   - Qul inkuntum tuhibbunallah fattabi'uni yuhbibkumullah artinya Katakanlah (Nabi Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu", (QS. Ali Imran ayat 31) diurai Ustadzah Lulung diawal kajian dhuha yang digelar oleh Majelis Ta'lim Al Istiqomah, Rabu  (13/12/2023)

 Ustadzah Lulung menerangkan cara belajar (untuk memahami islam) tentang mujtahid, muttabi’ dan muqallid serta sufaha. Serta menjelaskan tentang membicarakan aib orang lain atau ghibah. 

 Dalam kitab al-Adzkar ada enam situasi diperbolehkan ghibah:

1. Terdapat Kezaliman. Orang yang diperlakuan tidak adil atau dizalimi, diperbolehkan menceritakannya pada pihak yang berwenang.

2. Meminta Bantuan untuk Mengubah Kemungkaran. Membicarakannya dengan tujuan mengubahnya ke jalan yang sebagaimana mestinya.

3. Meminta Fatwa/keputusan. Tujuannya agar mufti/penentu keputusan mengerti permasalahannya dan memberikan arahan dan keputusan yang tepat sesuai pertanyaan orang yang meminta petunjuk.

4. Sebagai Bentuk Peringatan. Tujuannya memperingatkan tentang suatu keburukan hal tersebut ketika menasehati.

5. Orang yang Deklarasikan Perbuatan Fasik. Ketika ada yang terang-terangan melakukan perbuatan fasik, hukumnya wajib diceritakan kepada orang yang tepat. 

6. Sebuah ciri khas/Identifikasi. Hukum menyebutkan keadaan fisik seseorang diperbolehkan. Asal diniatkan sebagai bentuk identifikasi.

"Alhamdulillah, Majelis Ta'lim Al Istiqomah Giriloka selalu mengadakan kajian muslimah khususnya, serta menjadi wahana belajar bersama agar kita bisa terus mengupgrade pengetahuan dan keimanan" ungkap Ibu Hj. Helly Ary Kurniati selaku Ketua Majelis Ta'lim Al Istiqomah. 

 Kajian Dhuha yang rutin dilaksanakan di Masjid Al Istiqomah Giri Loka 1&2 BSD ini rutin dimulai jam 08:00 -11:00 WIB menjadi sebuah aktivitas keislaman yang dihadiri oleh Majelis Ta'lim yang ada di wilayah Tangerang Selatan khususnya. Karena selain menjadi ajang silaturahmi pun selalu menghadirkan para ustadz-ustadzah yang menarik perhatian dan memberikan kajian bagi muslim-muslimah yang hadir secara langsung atau mengikutinya secara live streaming. Kegiatan kajian rutin inipun menjadi daya tarik pelaku UMKM kuliner makanan minuman yang hadir dan berjualan di area khusus dekat lokasi berlangsungnya kajian.

Sebelumnya :