Kenapa Sebagai Muslim Kita Harus Membela Al-Quds?

Kenapa Sebagai Muslim Kita Harus Membela Al-Quds?

Di antara keutamaan Baitul Maqdis adalah nabi Musa as berdoa kepada Allah agar sebelum meninggal didekatkan dengan Baitul Maqdis

1. Kiblat Pertama Umat Islam

Masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama kaum muslimin. Waktu perintah sholat diturunkan, Rasul dan para sahabatnya sholat menghadap Masjidil Aqsa. Setelah 16 bulan barulah turunlah perintah Allah memindahkan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Ka’bah.


عن البراء بن عازب رضي الله عنهما قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم صلى نحو بيت المقدس ستة عشر أو سبعة عشر شهرا……


Artinya, “Dari Bara’ bin Azib –radhiyallahu anhu- berkata, Rasulullah SAW sholat menghadap Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan..(HR Bukhori Muslim)


2. Masjid Kedua yang Dibangun di Muka Bumi

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رضي الله عنه قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّل؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قُلْتُ: كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: أَرْبَعُونَ سَنَةً، وَأَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ، فَصَلِّ، فَهُوَ مَسْجِدٌ


Artinya, “Dari Abu Dzar –radhiyallahu anhu- berkata, “Wahai Rasulullah, masjid mana yang pertama kali di bangun dimuka bumi? Rasulullah SAW menjawab, “Masjidi Haram” Saya berkata, “Kemudian, masjid mana?” Beliau menjawab, “Masjidil Aqsa.” Saya bertanya, “Berapa jarak waktunya?” Rasulullah SAW menjawab, “40 tahun, dan di mana saja kamu mendapati waktu sholat masuk, maka sholatlah, karena (seluruh bumi) ini masjid.” (HR Muslim)


3. Tanah yang Diberkahi

Hal ini sesuai dengan firman Allah :


سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ


Artinya, “Maha Suci Dzat yang telah memperjalankan hamba-Nya di malam hari dari masjidil haram menuju masjidil aqsa yang diberkati sekelilingnya. Agar (Kami)memperlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat.” (QS : Al-Isra’ 1)


Dijelaskan oleh imam Al-Baghowi, bahwa di antara bentuk keberkahannya adalah banyaknya tanaman dan pepohonan dan tanh yang subur secara terus menerus. Keberkahan lainnya adalah keutamaannya disbanding masjid-masjid yang lain.


4. Tempat Isra’nya Rasulullah SAW

Isra’ dan Mi’raj merupakan peristiwa besar bagi umat Islam. Hal ini dikarenakan setelah perjalanan ini umat Islam dibebankan kewjaiban sholat 5 waktu. Dan Isra’ terjadi dari masjid yang pertama kali dibangun (Masjidil haram) menuju masjid yang kedua dibangun dimuka bumi. Maka Rasulullah mengumpulkan dua keutaman dan dua kemulian dari dua masjid ini.


Diriwayatkan oleh Muslim, Dari Anas bin Malik, Sesungguhnya Rasulullah SAW berkata, “Saya diberi Buroq –Tunggangan berwarna putih, tingginya melebihi keledai dan tidak setinggi bighol (Peranakan kuda dan keledai)dia menaruh kakinya sejauh mata memandang (karena kecepatannya)- Saya menaikinya hingga Baitul Maqdis kemudian saya mengikatnya di tempat para Nbi mengikatkan tunggangannya. Kemudian saya memasuki majid dan sholat dua rekaat, kemudian saya keluar…..(HR Muslim)


5. Do’anya Nabi Musa as

Di antara keutamaan Baitul Maqdis adalah nabi Musa as berdoa kepada Allah agar sebelum meninggal didekatkan dengan Baitul Maqdis.


Diriwayatkan oleh Bukhori secara marfu’. Rasulullah SAW bersabda, “Musa berdoa kepada Allah agar mendekatnya dengan tanah yang penuh berkah (Baitul Maqdis) sepelemparan batu. Kalau saya bisa, saya akan perlihatkan kepada kalian kuburannya (Musa) di tepi jalan Katsib Ahmar (gunung Nebo, di Yordania).” (HR Bukhori)


Imam An-Nawawi berkata, “Doa nabi Musa untuk didekatkan dengan Baitul Maqdis adalah karena keutamaannya dan keutamaan orang-orang yang dikubur di sana dari para nabi dan yang lainnya.”


6. Kabar Gembira Tentang Pembebasan Baitul Maqdis

Nabi Muhammad SAW pada perang Tabuk menyebutkan bahwa Baitul Maqdis akan dibebaskan  oleh umat Islam. Dan terbukti Baitul Maqdis berhasil dibebaskan oleh umat Islam pada masa pemerintahan Umar bin Khattab.


Walaupun setelah itu sempat direbut kembali oleh pasukan Salib pada tahun 492 H, namun Baitul Maqdis kembali direbut oleh Sholahuddin Al-Ayyubi pada tahun 583 H.


7. Pahala Sholat di Baitul Maqdis dilipatgandakan

Para ulama sepakat bahwa kaum muslimin dianjurkan untuk bersusah payah untuk menziarahi Masjidil Aqsa. Anjuran tersebut tentunya dibarengi dengan keutamaan lainnya. Di antaranya adalah dilipatgandakannya pahala sholat di Masjidil Aqsa sebanyak  500 kali, sebagaimana disebutkan di dalam sebuah hadits.


8. Tempat Thoifah Manshuroh (Kelompok yang dijanjikan)

Dalam banyak hadits disebutkan bahwa akan senantiasa ada segolongan dar umat Nabi Muhammad yang teguh memegang kebenaran. Di antara tempat yang disinyalir menjadi tempat Thoifah Manshuroh adalah negeri Syam, yang mana Baitul Maqdis termasuk di dalamnya.


Nabi Muhammad SAW bersabda : “Hendaklah kalian ke Syam, karena dia adalah tanah pilihan Allah, ditinggali oleh manusia-manusia pilihan, barangsiapa tidak mampu maka hendaklah menuju Yaman.”


9. Negeri Para Nabi

Negeri Syam adalah negeri para Nabi. Di dalamnya terdapat buah tin dan Zaitun yang menjadi saksi hijrahnya Nabi Ibrahim. Di sana pula lahir Nabi Isa as yang menjadi tanda kebesaran Allah di muka bumi.


10. Tempat Manusia Dibangkitkan

Di dalam sebuah hadits dari Maimunah binti Sa’ad, bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Baitul Maqdis. Nabi menjawab bahwa Baitul Maqdis adalah tempat manusia dibangkitkan (mansyar) dan manusia dikumpulkan (Mahsyar). (Didhoifkan oleh syaikh Albani)


Diolah dari buku “Al-Masjidil Aqsa, Al-Haqiqoh at Tarikh” ditulis oleh Isa Al-Qodumi

Sumber: kiblat.net




Sebelumnya :
Selanjutnya :