STUNTING (27)

STUNTING (27)

Pesan Dakwah 7 Dzulqaidah 1444H

By: Prof. Veni Hadju (Abu Fauzan)

Ummattv, Menurut pakar, berdasarkan bukti hasil penelitian, ada dua program yang memicu penurunan stunting di suatu wilayah yaitu program terhadap ibu hamil dan pada Baduta (0-23 bulan). Program pada ibu hamil termasuk pelayanan antenatal dan pemberian makanan bergizi atau PMT ibu hamil. Program pada Baduta termasuk pemberian ASI eksklusif dan praktek pemberian MPASI termasuk bantuan PMT lokal yang mengandung protein hewani. Apabila ada wilayah yang fokus memperbaiki pelayanan kepada kedua sasaran di atas dan menjamin terpenuhinya makanan berkualitas pada ibu hamil dan anak Baduta maka beberapa tahun kemudian stunting bisa menurun.

Banyak daerah yang gegap gempita dengan program berlabel stunting namun saat disurvei angka stunting tetap tinggi. Mereka sibuk dengan berbagai intervensi namun ibu hamil yang miskin yang berpotensi melahirkan bayi stunting terabaikan. Ada juga daerah yang sibuk mencari anak stunting untuk diberi tindakan atau dirujuk ke Puskesmas namun praktek MPASI di masyarakat tidak diperbaiki. Apalagi bantuan pemberian PMT lokal tidak dianggarkan atau tidak mendapat perhatian. Alhasil, anak-anak stunting terus bertambah atau tetap.

Memberi perhatian sejak hari pertama janin dalam kandungan sampai bayi berusia dua tahun sudah ada sejak abad ke-7 Masehi. Allah telah mengisyaratkan bahwa kepedulian kita kepada ibu hamil harus maksimal serta menyempurnakan penyusuan anak sampai dua tahun. Beban yang dialami oleh seorang ibu hamil terus bertambah sesuai dengan bertambahnya umur kehamilan. Saat bayi lahir maka tanggung jawab seorang ibu dan bapak adalah memberikan makanan yang terbaik dan menyapihnya sampai bayi berusia dua tahun. Sungguh suatu perjalanan awal seorang manusia yang nantinya berpengaruh sampai dewasa bahkan Lansia.

Surat Luqman (31) Ayat 14

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَـٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍۢ وَفِصَـٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

PENGORBANAN KEDUA ORANG TUA KITA MEMBUAT KITA SEPERTI INI MAKA MULIAKANLAH MEREKA.

Sebelumnya :
Selanjutnya :