• +6281 1987 271

(Seri Tadabbur Quran ) Ust. Samsul Basri : Berbuat Ihsan

(Seri Tadabbur Quran ) Ust. Samsul Basri : Berbuat Ihsan

Oleh: Dr. Samsul Basri


Pada surat Adz Dzariat ayat 15-16, Allah berfirman,


إِنَّ ٱلۡمُتَّقِينَ فِي جَنَّٰتٖ وَعُيُونٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, (15)


ءَاخِذِينَ مَآ ءَاتَىٰهُمۡ رَبُّهُمۡۚ إِنَّهُمۡ كَانُواْ قَبۡلَ ذَٰلِكَ مُحۡسِنِينَ

mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat ihsan; (16)


Ayat 15 di atas adalah jaminan bahwa orang yang bertakwa, akhir perjalanan hidupnya pasti.. pasti.. pasti.. berada di dalam surga.


Tidak sulit bagi Allah untuk memasukkan kita ke surga kelak, dan Allah pun tidak bakhil untuk itu. Hanya saja saya dan anda harus Memantaskan dan melayakkan diri untuk mendapatkan jaminan masuk surga.


Salah satu bentuk kepantasan dan kelayakan menjadi ahli surga adalah dengan berbuat Ihsan selagi hidup di dunia, yaitu selagi ruh masih diizinkan bersemayam di dalam tubuh kita. Hargai dan syukuri nikmat hidup yang singkat dan sementara ini dengan Berbuat ihsan.


Berbuat Ihsan di dunia, ada tiga ruang lingkupnya. Berbuat ihsan dengan Allah. Berbuat ihsan dengan manusia. Dan berbuat ihsan dengan alam (linhkungan, hewan dan tumbuh tumbuhan).


Dalam kaitannya dengan berbuat ihsan pada manusia maka implementasinya bisa berupa:

Amalan hati yaitu dengan husnu dzhan (berbaik sangka kepada manusia terutama kepada ummat Islam) dan tidak bersu'u dzhan (tidak berburuk sangka padanya). Tidak iri, dengki dan hasad. Tidak dendam dan benci kepada manusia. Dlsb.


Amalan lisan dan perbuatan. Tidak merusak kehormatan orang lain dengan lisan dan perbuatannya. Tidak mengambil hak orang lain secara dzhalim. Tidak melakukan kecurangan dalam bertransaksi dengan manusia. Melainkan dengan lisan dan perbuatannya mendatangkan kebaikan dan kemashlahatan bagi orang lain di sekitarnya.


Amalan harta, amalan ini lah yang banyak diangkat di dalam al Qur'an yaitu harta y direzkikan disedekahkan, diinfakkan di jalan yang diridhai oleh Allah. Terutama harta yang disalurkan dalam upaya meringankan beban saudara-saudara muslim apatah lagi di musim yang sulit ekonomi seperti kondisi sekarang ini. 


-------------------------------

PINTU donasi u/ Peduli Palestina melalui RDQ BOGOR ditutup sementara ini. Alhamdulillah tahap terakhir yang terkumpul sebesar RP. 9.139.000 hari ini akan ditransfer ke WIZ peduli Palestina. 


Penjualan Madu RDQ (500gr) kembali ke harga Normal Rp. 75.000. Namun keuntungan 100% untuk Dakwah.

Sebelumnya :
Selanjutnya :