• +6281 1987 271

(RDQ Ramadhan) Program Al Qur'an di Bulan Ramadhan,

(RDQ Ramadhan) Program Al Qur'an di Bulan Ramadhan,

17 Ramadhan 1443H

(Tadabbur awal ayat QS. Al Baqarah ayat 185)

Oleh : Dr. Samsul Basri, S.Si, M.E.I


Allah berfirman,

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِیۤ أُنزِلَ فِیهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدࣰى لِّلنَّاسِ وَبَیِّنَـٰتࣲ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ...

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur`ān, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (QS. Al Baqarah : 185)

Berdasarkan penggalan pada bagian awal ayat 185 di atas, ada dua program penting sebagai bentuk interaksi dengan Al Qur'an, khususnya di bulan Ramadhan.

Pertama, program Khataman Al-Qur'an.

Program ini berdasarkan petunjuk pada penggalan ayat berikut ini,

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِیۤ أُنزِلَ فِیهِ ٱلۡقُرۡءَانُ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur`ān,

Bulan ramadhan adalah bulan Al-Qur'an karena diturunkan Al Qur'an pada bulan tersebut. Sebagai hamba Allah yang diperjumpakan dengan bulan ramadhan, diantara bentuk kesyukuran "Kita" atas nikmat tersebut adalah dengan banyak membaca Al Qur'an di bulan tsb.

Targetkanlah di bulan yang mulia ini, minimal 1 kali khatam, tentu lebih banyak khatam lebih baik lagi. dzalika fadhlullaahi yu'tihi Man yasyaau itu adalah karunia Allah yang Allah berikan kepada siap yang Dia kehendaki.

Kedua, Program membaca Al Qur'an dengan terjemahan.

Program ini berdasarkan petunjuk pada penggalan ayat berikut ini,

هُدࣰى لِّلنَّاسِ وَبَیِّنَـٰتࣲ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ...

(Al Qur'an) sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).

Jadikanlah bulan ramadhan sebagai momentum mencintai dan memulai program membaca Al Qur'an dengan terjemahan. Walaupun hanya 1 lembar atau lebih atau bahkan kurang dari itu, mulailah hidupkan program ini sebagai program rutin anda di bulan ini.

Program ini berbeda dengan program yang pertama. Program ini membutuhkan energi yang lebih besar daripada sekedar mengkhatamkan Al Qur'an. Karena inilah tujuan utama al Qur'an diturunkan, supaya ayat ayat Allah direnungi, difikiran, dan diambil pelajaran darinya. Allah berfirman,

كِتَٰبٌ أَنزَلۡنَٰهُ إِلَيۡكَ مُبَٰرَكٞ لِّيَدَّبَّرُوٓاْ ءَايَٰتِهِۦ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ

Kitab (Al-Qur`ān) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran. (QS. Shad (38): 29)

Menghidupkan Kedua Program di atas akan menguatkan ruh dan lahiria. Menguatnya ruh dan lahiria menjadikan seorang hamba mudah menggapai banyak kebaikan dan keberkahan di bulan Ramadhan.

Al Qur'an menguatkan ruh karena Al Qur'an adalah nutrisi terbaik bagi ruh. Inilah diantara hikmah Allah menamakan Al Qur'an dengan Ruh supaya "Kita" tahu bahwa nutrisi terbaik bagi ruh adalah ruh yaitu AL Qur'an.

{ وَكَذَٰلِكَ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ رُوحٗا مِّنۡ أَمۡرِنَاۚ

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur`ān) dengan perintah Kami. (QS. Asy syura (42): 52)

Al Qur'an menguatkan lahiria karena di dalam AL Qur'an terdapat syifa (penyembuhan) dari semua penyakit, baik medis atau pun non medis.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٞ وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارٗا

Dan Kami turunkan dari Al-Qur`ān (sesuatu) yang menjadi penawar/penyembuhan dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur`ān itu) hanya akan menambah kerugian. (QS. Al Isra (17): 82)

Menurut Syaikhul Islam, ada 4 minimal keutamaan Al Qur'an bagi yang banyak berinteraksi dengannya:

1. Menguatkan ingatan, meningkatkan kecerdasan dan menjauhkan dari penyakit pikun.

2. Menguatkan Ruhiyah sehingga seorang hamba semakin mudah melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah.

3. Menyehatkan badan.

4. Menenangkan dan membahagiakan jiwa.

Di bulan yang doa Mustajab, dari hati yang paling dalam, melalui goresan pena ini saya berdoa,

Semoga Allah memanjakan umur kita dalam kebaikan dan ketaatan kepada- Nya. Semoga bertambahnya usia kita dari hari ke hari disertai dengan bertambahnya ilmu, bertambah amal shalih, dan semakin bertambah dekat dengan Allah Azza Wa Jalla. Dan semoga amal ibadah Ramadhan kita diridhoi oleh Allah dan diberi balasan terbaik di sisi-Nya. (Amiin)

Sebelumnya :