• +6281 1987 271

Prof Veni Hadju : Berbuat Sesuatu Untuk Orang Miskin Adalah Perbuatan Mulia

Prof Veni Hadju : Berbuat Sesuatu Untuk Orang Miskin Adalah Perbuatan Mulia

Belum lama ini kita mendengar ada beberapa daerah di Indonesia masuk kategori memiliki banyak keluarga sangat miskin atau miskin ekstrim.

Pesan Dakwah 14 Muharram 1444H

By: Prof. Veni Hadju (Abu Fauzan)


SANGAT MISKIN

Belum lama ini kita mendengar ada beberapa daerah di Indonesia masuk kategori memiliki banyak keluarga sangat miskin atau miskin ekstrim. Jumlahnya paling banyak di wilayah Indonesia Timur. Wilayah ini harus memperoleh perhatian yang besar dan tidak cukup hanya dibagikan beras dan telur. Mereka perlu didampingi secara komprehensif dan diberikan peluang untuk bekerja serta dukungan finansial yang cukup sehingga bisa bangkit dari kemiskinan.

Menjadi miskin seringkali dilihat sebagai akibat dari ketidakberdayaan. Kadang ada orang yang waktunya habis untuk bekerja dan berusaha namun hasilnya sangat jauh dari kebutuhannya. Kondisi wilayah yang sangat terbatas serta akses yang sulit membuat rakyat tidak bisa berbuat banyak. Disamping itu tingkat pendidikan yang rendah membuat mereka sulit berubah dan bahkan menjadi korban keserakahan dari sebagian orang yang tidak bertanggungjawab. Suara mereka seringkali tidak terdengar atau tidak dianggap..

Berbuat sesuatu untuk orang miskin adalah perbuatan mulia. Bahkan ada jaminan tidak akan ada orang yang jatuh miskin karena bersedekah atau membantu orang miskin. Mengeluarkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah dijamin balasan pahala yang tinggi. Alhamdulillah sekelompok orang telah banyak memulai aktivitas sosial yang membahagiakan dan memberi solusi untuk keluar dari kemiskinan. Namun, tidak sedikit yang masih ragu dan takut kalau-kalau hartanya akan berkurang.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya:

اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ

Artinya: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. (QS Al-Maa'uun 107:1-3).

MASUKKANLAH DIRIMU KE DALAM KELOMPOK YANG BANYAK BERBUAT KEBAIKAN KEPADA ORANG MISKIN.

Sebelumnya :