Sambut Ramadhan UIKA Bogor selenggarakan Tarhib Ramadhan 1444H

Sambut Ramadhan  UIKA Bogor selenggarakan Tarhib Ramadhan 1444H

Ummattv, (UIKA-17/03/2023)  Universitas Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, selenggarakan tarhib Ramadhan 1444 H, kegiatan kali ini diselenggarakan atas kerjasama  Fakultas Teknik dan Sains (FTS) dan Fakultas Agama Islam (FAI) yang digelar di halaman Gedung FAI Kampus UIKA jalan Sholeh Iskandar Km. 2 Kota Bogor, pada Jumat 17/03/2023.

Tarhib Ramadhan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya parade hadroh dan sholawat dari para mahasiswa yang turut menghadirkan Habib Muhammad Albagir bin Alwy bin Yahya, seorang mubalig dan dewan guru pada Majelis Rasulullah SAW Pusat,  guna memberikan kita-kiat kepada mahasiswa/i dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Habib Bagir dalam pembukaan tausiahnya menyampaikan kepada jamaah, agar bergembira dalam menyambut dan mempersiapkan kehadiran bulan yang amat mulia ini.

"Ramadhan merupakan bulan yang amat mulia dan ketika kita gembira menyambut dan mempersiapkannya, apalagi ketika kita mampu menjalankan segala amalan wajib dan juga sunnahNya, maka Insyaallah kita akan mendapatkan berkah dari Ramadhan yang akan datang.

Ramadhan juga menurutnya, merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat manusia dikarenakan pada bulan tersebut Allah buka segala keberkahan dan juga segala pintu ampunan.

Sebagaimana hadits Nabi menyampaikan bahwa, Rajab adalah bulannya Allah SWT, Sya'ban bulannya Nabi Muhammad, dan Ramadhan adalah bulan umatnya, oleh karenanya mari kita manfaatkan kehadirannya untuk mendulang pahala dengan memperbanyak amal di bulan Ramadhan yang semakin dekat ini. Semoga Allah SWT mencurahkan ridha dan rahmat seluas-luasnya," ujar cucu Habib Usman Mufti ini.

Keistimewaan bulan Ramadhan yang akan datang, menurutnya, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dengan sebaik-baiknya, kemudian dilanjutkan pada bulan setelahnya, dengan memperbanyak doa, zikir, dan shalawat.

Beliau juga berpesan "Persiapkan bulan suci Ramadhan, isi waktu dengan ibadah yang sungguh-sungguh. Banyak memohon ampun kepada Allah Swt, pergunakan sebanyak-banyaknya untuk berbuat baik kepada kedua orang tua dan atau mendoakannya jika sudah tiada, dan tentunya memperbanyak shalawat kepada Nabi Saw.". tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan berdoa dan juga bersholawat bersama yang dipimpin oleh habib dengan harapan semua yang hadir mendapatkan rahmat, maghfirah serta dijauhkan dari api neraka,  dapat menjalankan bulan suci Ramadhan tahun ini dengan khidmat dan tenang serta berkecukupan.

Tarhib yang digelar pukul 13.00 hingga menjelang waktu asar ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Hj. Maemunah Sa'diyah, M.Ag., Dekan Fakultas Agama Islam,  H.M. Kholili Nawawi,Drs., M.Ag., para dosen dan mahasiswa serta masyarakat umum turut memeriahkan penyambutan Ramadhan tahun ini

Sebelumnya :
Selanjutnya :