SAHABAT

SAHABAT

(An Intermezzo by H. J. Faisal)

Ummattv, Ketika kedua sisi otak dan segumpal hati ini sedang lelah,  membuat lembaran memori itu selalu terbuka akan kisah masa lalu kita, sahabat....

Dahulu kita begini, dahulu kita begitu, begini...begitu....semuanya terasa indah....

Kini, meskipun kita tetap disatukan oleh perekat yang bernama teknologi ke dalam satu grup media yang sama, namun tetap saja terasa lebih manis ketika kita bersosial secara nyata seperti waktu dulu. Dengan kesamaan beban yang kita rasakan, tanpa pernah perduli dengan data-data, rencana-rencana masa depan, dan segala macam khayalan yang pernah disuguhkan oleh para guru-guru kita. 

Kini, meskipun beban kehidupan yang kita tanggung juga berbeda-beda, tetapi kita masih tetap mempunyai memori-memori indah yang sama. Ya, memori-memori indah yang terkadang dapat sedikit meredakan beban-beban kehidupan itu, meskipun hanya membuat kita tersenyum simpul untuk sesaat.

Kini, meskipun kita telah terpisahkan satu demi satu oleh takdir batas usia kita masing-masing, tetapi dari kenangan baik dan berkesan yang sama-sama kita tinggalkan, tetap membuat kita bersatu, meskipun hanya di dalam kalbu.

Kini, izinkanlah aku merindui semua kilatan masa kebersamaan kita dahulu, sahabat. Masa dimana kita harus bertemu jika kita ingin berbicara, masa dimana kita dapat saling memandang tawa kita masing-masing ketika kita sedang bersenda gurau, masa dimana kita bisa mendiskusikan segalanya dengan segala keterbatasan kemampuan kita dalam memaknai sesuatu,  masa dimana kita sama-sama berjuang hanya demi meluluskan diri dari sebuah sistem pendidikan yang usang. 

Kini, para sahabat sejatiku dimanapun kalian berada, baik yang masih ada di dunia, maupun yang sudah tidak dapat kutemui lagi di dunia ini,  hanya doa tulus dengan sepenuh getaran jiwa yang dapat kupersembahkan kepada kalian, meskipun sebagian besar getaran jiwaku juga aku gunakan untuk membawa beban-beban kehidupanku sendiri saat ini.

Kini, di depan pintu bulan Ramadhan yang indah, semoga Allah Ta’alla memberikan kasih sayang-Nya untuk kita semua, untuk kalian semua, untuk sahabat-sahabatku di dunia dan di akhirat kelak, in sya Allah. 

Aamiin ya Rabb.... 

Masih di lokasi yang sama, 20 Maret 2023/ 27 Sya’ban 1444 H

Sebelumnya :
Selanjutnya :