• +62852-9938-0971

Rumah Quran Dirosa Resmi Operasikan di Sumedang

Rumah Quran Dirosa Resmi Operasikan di Sumedang

UMMATTV SUMEDANG--Rumah Quran Dirosah (RQD) Sumedang yang berlokasi Dusun Cijambe RT 03 RW 01 Desa Cijambe Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, Jawa Barat resmi dibuka, Ahad (25/10/2020). RDQ inii sekaligus  mendapat wakaf fasilitas belajar berupa: 10 unit buku Dirosa, 10 unit meja mengaji, karpet, dan lainnya dari Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ).

RDQ  dibawah pengelolaan Lembaga Pendidikan Pengembangan Pengajaran Qur'an ( LP3Q)  Wahdah Islamiyah Jawa Barat, dan didukung WIZ Jabar. Sebagai pelaksana tugas harian pengajaran akan dikelola langsung oleh Agus Syaibudin Anwar, S.Pd., seorang guru berlatar belakang geografi lulusan Universitas Pendidikan Indonesia, di Bandung

Menurut penuturan Agus di kampung ini masing banyak orang dewasa maupun remaja yang belum bisa mengaji. Bahkan merasa minder jika diajak mengaji. "Dengan didorong program Rumah Quran Dirosa berupa pengadaan buku Dirosa (pendidikan Quran Orang Dewasa) pelatihan mengajar, ini sangat membantu  mengajak dan mengajarkan Al Quran," ujarnya.

Menurut Taufiq dari LP3Q Wahdah Islamiyah  Jabar sangat berharap bisa membuka unit unit pengajaran Dirosa berupa Rumah Quran Dirosa seperti ini di daerah-daerah se-Jawa Barat sebanyak-banyaknya.   "Metoda Dirosa ini mempunyai keunggulan dan sudah banyak terbukti keberhasilannya di pelosok pelosok daerah Indonesia terutama daerah timur," menurutnya.

Lanjut Taufiq, dengan Al Quran Allah mengangkat derajat manusia di dunia dan akhirat bagi mereka yang mau mempelajarinya.  Namun tentunya diiringi dengan kualitas pengajar yang mumpuni. "Bagi anda yang berminat untuk menjalankan rumah Quran Dirosa di tempatnya, kami membantu dengan mengadakan Pelatihan pelatihan guru penggajar metoda Dirosa, silahkan hubungi nomor kami di whats app 085322228570". ujarnya.

Adapun dari Ketua Wahdah Inspirasi Zakat Jawa Barat, Ismed Daulay, mengatakan "Alhamdulillah kami sangat gembira dengan adanya program RDQ untuk seluruh daerah Jawa Barat."

Kepada semua pihak kami sangat berharap mensuport, akan gencar ikut  promosikan program ini kepada para Muhsinin, agar terhimpun wakaf-wakaf fasilitas Belajar dan Mengajar Al Quran, karena ini menjadi sebaik baik amal. 

"Perlu diketahui setidaknya diperlukan sebanyak Rp.1.500.000 untuk  pengadaan sarana satu unit RQD, dan semoga dalam beberapa waktu kedepan bisa terkumpul dana untuk berdirinya 100 unit RQD," ucapnya dengan penuh semangat.

Bagi yang ingin berkontribusi dalam  kegiatan ini yang dapat  menghubungi nomor whatsapp 08112149800 (WIZ Jabar).*

Sebelumnya :
Selanjutnya :