Program Fish Bank Sejahterakan Nelayan Banyuwangi

Program Fish Bank Sejahterakan Nelayan Banyuwangi

UMMATTV BANYUWANGI--Menginjak 1 tahun program fish bank, kian hari makin tingkatkan kesejahteraan para nelayan di Banyuwangi. Fish Bank merupakan ekosistem buatan yang berfungsi sebagai rumah biota bawah laut. Melalui fish bank, terumbu karang baru muncul, dan ikan-ikan semakin banyak berkumpul di sekitarnya.

Program ini sendiri adalah kolaborasi pemberdayaan nelayan antara Sinergi Foundation dan YBM PLN.

“Alhamdulillah, 240 fish bank sudah hampir setahun ditanam di Pantai Badean & Pantai Bomo. Kini ikan kakap sebesar ini jadi pemandangan sehari-hari di Pantai Badean, Banyuwangi,” tutur CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan.

Asep menuturkan, dulu sebelum ada fish bank, sejenis kakap merah, kerapu, gurita, dan cumi, jarang sekali ada. Keberadaan fish bank ini semakin menyemarakkan ekosistem air Badean dan Bomo, dan semakin lestari juga lautnya.

Ia berharap, banyak ikan yang mengendap disana sampai bertelur dan beranak pinak. Dari sana pula, kesejahteraan nelayan semakin meningkat dan mereka bisa makin berdaya.

“Semoga seterusnya program fish bank ini bisa bermanfaat bagi mereka, dan makin banyak juga donatur yang turut berkontribusi dalam program menyejahterakan nelayan, aamiin,” tandas Asep.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :