Perdana, Baitul Wakaf Panen 4,5 Ton Beras di Lahan Sawah Wakaf Produktif

Perdana, Baitul Wakaf Panen 4,5 Ton Beras di Lahan Sawah Wakaf Produktif

Beras hasil panen ini juga sebagian dibagikan untuk membantu warga di sekitar pesantren.

UMMATTV.COM BEKASI--Baitul Wakaf sukses memanen perdana sawah wakaf produktif seluas satu hektare di Pebayuran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Baitul Wakaf adalah nazhir wakaf produktif dari Laznas BMH (Baitul Maal Hidayatullah) yang dibentuk ormas Islam Hidayatullah.

Menurut Koordinator Program Ketahanan Pangan BMH-Baitul Wakaf di Bekasi Ahmad Furqon dari panen perdana ini dihasilkan lima hingga enam ton gabah. Jika sudah berbentuk beras sebanyak 4 hingga 4,5 ton. Adapun padi yang ditanam adalah jenis Ciherang yang umum ditanam oleh para petani di Bekasi, Karawang dan sekitarnya.

Hasil panen ini, jelas Furqon, digunakan untuk keperluan pangan para santri dhuafa di Pesantren Tahfiz Hidayatullah Bekasi selama empat bulan kedepan.

“Keperluan beras di Pesantren Hidayatullah sebulan mencapai satu ton. Dengan panen ini, empat bulan kedepan insyallah untuk urusan beras terjamin,” ungkap Furqon dalam keterangan pers, Rabu (20/5/2020).

Dikatakan Furqon, beras hasil panen ini juga sebagian dibagikan untuk membantu warga di sekitar pesantren. “Beras ini menjadi komoditas amat penting untuk pesantren dan masyarakat sekitar yang terdampak pandemi covid-19 seperti sekarang,” ujar Furqon.

Furqon mengatakan, proses penanaman padi hingga dipanen membutuhkan waktu empat bulan. Sehingga jika tidak ada rintangan, dalam setahun lahan sawah produktif tersebut dapat tiga kali panen.

Pengelolaan sawah produktif tak hanya melibatkan para santri, tetapi juga warga sekitar. “Ada sekitar 12 warga yang sedari awal membantu kami membabat lahan, hingga panen. Tentunya mereka mendapatkan manfaat dari hasil panen ini,” ujar Furqon.

Sementara itu, Direktur Baitul Wakaf Rama Wijaya mengungkapkan Baitul Wakaf akan terus mengembangkan sawah produktif di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

“Kenapa kami prioritaskan Bekasi? Karena Bekasi itu dikenal sebagai klaster yang bagus untuk pertanian padi. Sangat potensial untuk dikembangkan. Perairan pertanian di Bekasi juga bagus,” terang Rama.

Rama berharap dengan perluasan sawah produktif ini, semakin banyak yang dapat merasakan manfaat. “Ketika lahan yang kita garap semakin luas, maka semakin banyak panen yang dihasilkan,” ujar Rama.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :