Peluang Dosa Terampuni Setahun

Peluang Dosa Terampuni Setahun

Oleh : Dr. Samsul Basri,


Alhamdulillah, hari Senin 8 Agustus 2022 bertepatan dengan tgl 10 Muharram 1444H. Disunnahkan bagi kita umat Islam untuk berpuasa di hari tersebut, puasa 'Asyura (puasa 10 Muharram). Adapun keutamaannya sebagai berikut:

Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata : Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab,

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa dengan puasa 'Asyura setiap dosa setahun yang lalu akan terhapus baik dosa kecil maupun dosa besar. (Lihat Majmu’ Al Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 7: 487-501)

Dalam rangka menyelisihi kaum Yahudi dan Nashrani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkeinginan untuk berpuasa sehari sebelumnya yaitu berpuasa pada hari kesembilan (tasu’ah) yang bertepatan dengan hari esok, Ahad 7 Agustus.

Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata, “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau SAW bersabda,

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

“Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)– kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.”

Ibnu Abbas mengatakan, “Belum sampai tahun depan, Nabi SAW sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim)

Kenapa sebaiknya menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang cuma berpuasa tanggal 10 Muharram saja. Itulah yang ditunjukkan dalam hadits di atas.

Insya Allah besok (Ahad) 7 Agustus bertepatan dengan tgl 9 Muharram, semoga "Kita" dimudahkan Allah berpuasa besok, di hari Tasu'ah, dan juga berpuasa di hari Senin, di hari 'Asyura.

Sebelumnya :
Selanjutnya :