• +6281 1987 271

Laporan ARM 2020: 9 Operasi Kemanusiaan, 4.668 Penerima Manfaat

Laporan ARM 2020: 9 Operasi Kemanusiaan, 4.668 Penerima Manfaat

UMMATTV BOGOR--Bayi itu terus tumbuh dengan cepat dan membanggakan. Meski baru berusia setahun, Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM HA-IPB) telah menunjukkan kiprah nyata dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan kebencanaan di tanah air. 

“Di tahun 2020, sembilan operasi kemanusian telah terselenggara, dengan 4.668 warga penerima manfaat, dan sebanyak Rp 407,5 juta telah disalurkan,” kata Ketua Umum ARM HA-IPB Ir. Ahmad Husein M.Si., saat membacakan Laporan 2020 dan Rencana 2021, saat Rapat Kerja Nasional ARM HA-IPB, Sabtu, 20 Februari 2021, di Central Command ARM HA IPB di Gedung Alumni Baranangsiang, Bogor Jawa Barat.

Di awal tahun 2020, ARM menggelar tiga operasi kemanusiaan bertajuk SAIBAN (Solidaritas Alumni IPB untuk Banjir dan Longsor) di kawasan Jabodetabek.  Kemudian, sejak Maret hingga April 2020, ARM menggelar lima Aksi Peduli Masyarakat Akibat Dampak Covid-19, dengan sasaran para mahasiswa, warga sekitar kampus, dan enam fasilitas kesehatan di Bogor. Selanjutnya, pada Oktober 2020, ARM menggelar aksi Solidaritas Aksi Untuk Korban Banjir dan Longsor Garut (Saboga).

Untuk penguatan organisasi dan peningkatan kapasitas anggota, ARM telah menggelar sebuah rapat kerja tahunan, tiga pelatihan offline-online di bidang mitigasi kebencanaan dan jurnalistik kebencanaan untuk pengurus dan relawan ARM, serta pembentukan pengurus daerah di Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, dan Banten. 

Suasana pandemi covid-19 juga menggerakkan langkah ARM untuk menggelar tiga kali talkshow bertajuk Bincang-Bincang ARM dengan pembicara dan peserta para alumni dari dalam dan luar negeri. “Artinya, selama tahun 2020 kemarin ARM telah menggelar 19 kegiatan,  atau rata-rata 1,58 kegiatan per bulan,” kata Ahmad Husein.

Kredibilitas dan akuntabilitas ARM dalam berkhidmat di bidang kemanusiaan juga teruji dalam berbagai laporan kegiatan kepada publik secara umum maupun kepada para alumni IPB, lewat media massa. Selama 2020, sebanyak 132 berita telah mengabarkan kiprah dan layanan kemanusiaan ARM kepada masyarakat, atau 11 berita setiap bulan di berbagai media. 

“Tahun 2020 adalah tahun penuh tantangan akibat Pandemi Covid-19 dan bencana lainnya, sehingga mempengaruhi mobilisasi relawan dan sumber daya masyarakat serta pencapaian target program ARM,” kata Ahmad Husein.

Dalam situasi yang penuh tantangan itu, ARM juga sempat mengalami guncangan kepemimpinan dengan wafatnya Ketua Umum ARM, Ir. Nurbowo M.B.A. Namun dengan semangat persaudaraan dan kolegial, seluruh pengurus DPP ARM HA-IPB sepakat memilih Ir. Ahmad Husein M.Si., yang semula menjabat sebagai Ketua I ARM, sebagai Ketua Umum secara aklamasi.

Di tahun 2021, ARM berharap akan dapat mempertajam kegiatan dalam beberapa hal, terutama dalam meningkatkan komitmen serta kapasitas pengurus, relawan, dan komunitas. ARM akan melengkapi dan menyempurnakan proses legalnya, serta membentuk beberapa DPD ARM baru, antara lain di Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat-Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Jawa Barat.

Selain itu, ARM tengah menyusun rencana strategis organisasi hingga 2023. “Rencana strategis ini merupakan peta jalan bagi ARM agar mampu menjadi lembaga yang bermartabat dan menebar manfaat,” kata Ahmad Husein. Karena itu, ARM pun akan melanjutkan penyusunan peraturan, SOP, panduan teknis, dengan prioritas pada aturan kelembagaan serta pengembangan sumber daya manusia, termasuk relawan.

Peningkatan kapasitas pendanaan (funding) dan komunikasi pemasaran juga akan terus diupayakan ARM, selain memperbaiki mutu program-program layanan, baik dalam tanggap darurat bencana maupun kesiapsiagaan bencana. Tak lupa, memperluas jejaring di bidang kemanusiaan dan kemitraan. “Tujuan utama aksi kemanusiaan adalah meningkatkan kualitas layanan yang prima dan dapat diterima oleh mereka yang paling membutuhkan di saat bencana dan krisis,” kata Ahmad Husein.

Rapat Kerja Nasional ARM HA IPB II dihadiri oleh Pimpinan Pusat HA-IPB, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas ARM HA-IPB, seluruh pengurus pusat dan perwakilan beberapa Pengurus Daerah ARM HA-IPB, juga beberapa lembaga otonom HA IPB, beberapa Himpunan Alumni  Fakultas dan angkatan, serta mitra ARM-HA IPB. Karena situasi pandemi Covid-19, Rakernas ARM HA-IPB kedua berlangsung secara hybrid, sebagian hadir secara fisik di Center of Command ARM di Gedung Alumni IPB Baranangsiang, Bogor, sementara sebagian mengikuti secara daring. (HW)

Sebelumnya :
Selanjutnya :