Kemenag Resmikan Sahabat Yatim Indonesia Jadi LAZ Nasional

Kemenag Resmikan Sahabat Yatim Indonesia Jadi LAZ Nasional
UMMATTV TANGERANG SELATAN--Kesejahteraan masyarakat tentunya menjadi sangat penting bagi suatu bangsa. Terwujudnya masyarakat yang sejahtera tentunya akan mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif dan stabil dalam mencapai cita-cita negara tersebut.
 
Bagi bangsa Indonesia sendiri, langkah dan tindakan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat menjadi program prioritas pada setiap era pemerintahan.  Namun dalam pelaksanaanya pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, butuh keterlibatan berbagai instrumen masyarakat. Tentunya ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia. 
 
Dalam agama Islam sendiri, kesejahteraan bagi umat sudah diatur dengan kegiatan-kegiatan mewujudkan keadilan sosial ekonomi. Salah satunya adalah dengan zakat. Sehingga perlu dilakukan pengelolaan zakat secara optimal, profesional dan tepat sasaran dalam penyalurannya. 
 
Hal ini tentunya menjadi perhatian penting bagi Yayasan Sahabat Yatim Indonesia yang baru saja resmi dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat berskala Nasional yang ke-28 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia nomor 912 tahun 2020. SK ini secara resmi diserahkan pada 3 Februari 2021 oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementrian Agama RI, Drs. H.  Tarmizi Tohor ,M.A. 
 
Tarmizi mengatakan sebagai LAZ berskala Nasional harus memiliki program, visi, dan misi yang jelas serta terstruktur. “LAZ harus melakukan kewajiban melakukan audit keuangan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), dan bersedia mengikuti akreditasi serta audit kepatuhan syariah oleh Kementerian Agama,” katanya saat acara pemberian SK tersebut.
 
“Aturan pelaporan secara rutin kepada Kemenag dan Baznas adalah kewajiban mutlak," ujarnya lagi.
 
Di masa pandemic covid-19 ini, Tarmizi berharap semua LAZ berskala Nasional dapat berkontribusi dalam menangani wabah Covid-19 yang meningkat setiap harinya.
 
Ikhsan, S.E.I., M.M. selaku Ketua Pengurus Yayasan Sahabat Yatim Indonesia menyampaikan bahwa dengan dikukuhkannya lembaga ini sebagai LAZNAS tentunya selain merupakan suatu amanah yang harus dijalankan, juga menjadikan semangat baru untuk bisa mengelola dan menyalurkan dana zakat serta sedekah dalam rangka memberi manfaat bagi umat.
 
Sebagai bentuk rasa syukur dari pengukuhan tersebut, pada Rabu (10/02/2021) Sahabat Yatim Indonesia menyelenggarakan kegiatan syukuran di salah satu rumah makan di bilangan Graha Raya Tangerang Selatan.
 
Acara yang berlangsung sederhana ini dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Kementrian Agama baik pusat maupun kota Tangerang Selatan, MUI Provinsi Banten, Dinas Sosial serta Baznas kota Tangerang Selatan. Selain itu tampak juga hadir salah satu personel nasyid legendaris Teddy Snada dan aktor senior David Chalik.*
Sebelumnya :
Selanjutnya :