KAMMI Minta Indonesia Bersikap Atas Pembakaran Quran di Swedia dan Norwegia

KAMMI Minta Indonesia Bersikap Atas Pembakaran Quran di Swedia dan Norwegia

UMMATTV JAKARTA--Pjs Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) mengecam aksi penistaan agama berupa pembakaran al-Quran di Malmo, Swedia dan Oslo, Norwegia. Menurutnya pembakaran al-Quran ini merupakan tindakan provokatif, intoleran dan anti demokrasi.

“Kami menyayangkan dan mengecam keras tindakan penistaan agama dan intoleran yang dilakukan oleh politisi islamophobia dan rasis beserta para pendukungnya," kata Susanto Triyogo kepada awak media, Selasa (1/9).

Rasmus Paludan, pemimpin kelompok anti-Islam Tight Direction (Stram Kurs), bersama para pendukungnya membakar Al-Quran pada Jumat (28/8) malam. Paludan sendiri sempat membuat geger dunia ketika tahun lalu membakar Al-Quran yang dibungkus dengan daging babi.

Ibadurrahman selaku Ketua Bidang Keumatan dan Wawasan Keislaman PP KAMMI mengatakan : “Peristiwa ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia. Aksi penistaan agama tersebut merupakan tindakan biadab dan barbar, ini merupakan pukulan telak bagi Eropa yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan demokrasi”.

KAMMI juga meminta kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri untuk segera mengecam dan melakukan protes terkait aksi perobekan dan pembakaran al-quran melalui kedutaan besar Norwegia dan Swedia di Jakarta.

"Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, malu rasanya jika kita tidak protes. Ini bukan hanya sekadar masalah agama tapi juga masalah HAM setiap orang untuk bebas berkeyakinan," tandas Ibad.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :