• +6281 1987 271

Ini Pesan dan Harapan Wasekjen, Usai Pelantikan Pengurus MUI DI. Yogyakarta

Ini Pesan dan Harapan Wasekjen, Usai Pelantikan Pengurus MUI DI. Yogyakarta

YOGYAKARTA— Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Daerah Istimewa Yogyokarta (DIY) masa khidmah 2021-2026 resmi dilantik pada Sabtu, (12/2/2022).

Pelantikan ini dihadiri Tim Koordinator Wilayah (Korwil) MUI Provinsi di Jawa, Dewan Pimpinan MUI Pusat yaitu Ketua MUI Bidang Hukum dan Perundangan, Prof Noor Achmad, dan Wasekjen MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Arif Fahrudin.

Wasekjen MUI, KH Arif Fahrudin, mengatakan Dewan Pimpinan MUI merasa sangat bergembira dan bangga telah terpilih dan dikukuhkannya pengurus DP MUI DIY masa khidmat 2021-2026.

“Satu harapan dan doa kami, MUI DIY Pelantikan Dewan Pimpinan MUI DIY, Ini Pesan dan Harapan Wasekjensemakin mantap dan semakin mengukuhkan eksistensi dan khidmahnya,” kata Kiai Arif, begitu akrap disapa kepada MUIDigital, Rabu (16/2/2022). 

Kiai Arif menambahkan, hal ini bertujuan untuk mewujudkan umat Islam di DIY menjadi mitra pemerintah (shodiqul hukumah), sekaligus juga sebagai pelayan umat (khadimul ummah). 

“Dengan prinsip-prinsip untuk bertujuan tarbiyatul ummah (penguatan umat), tauhidul ummah (mempersatukan umat), agar tidak terus berada dalam friksi-friksi, namun berkolaborasi dan bersinergi untuk kebaikan (fastabiqul khairat),” sambungnya. 

Kiai Arif menuturkan, hal ini sangat dimungkinkan karena DIY memiliki modal utama yaitu sebagai daerah yang istimewa, masyarakatnya religius, menjunjung tinggi keadaban, dan sopan santun (akhlaqul karimah).

Hal ini, kata kiai Arif, diperkuat juga oleh modal sosial sebagai kota budaya dan pendidikan. Ia menilai bahwa hal ini semakin membawa arah perkhidmatan MUI DIY kearah yang sesuai dengan tuntunan agama dan juga tujuan-tujuan pembangunan dari negara.

Kiai Arif berpesan agar para pengurus MUI DIY bisa terus bekerja keras untuk berkhidmat pada unat dan bangsa.

Ia juga mengutip pernyataan Imam Syafii yang menyebut bahwa para ulama adalah yang senantiasa terus berpegang teguh pada nilai-nilai religius. Serta senantiasa mengetahui dan memahami denyut nadi gerak kondisi umat di bawahnya.

“Selamat berkhidmah MUI DIY. Semoga Allah SWT senantiasa mengaruniai kekuatan, kesehatan, dan keberkahan,” ujar dia. 

Sumber : Mui.or.id

Sebelumnya :