Halal Bihalal Keluarga Besar UIKA Bogor, Prof. Didin ajak Umat Islam bangun kekuatan persaudaraan

Halal Bihalal Keluarga Besar UIKA Bogor, Prof. Didin ajak Umat Islam bangun kekuatan persaudaraan

Ummattv, Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.S., selaku Ketua Senat dan Guru Besar Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, berkesempatan berikan tausiah pada pelaksanaan Halal Bihalal Keluarga Besar UIKA Bogor, yang diselenggarakan di Masjid Al Hijri II berlokasi di Jl. K. H. Sholeh Iskandar KM. 2, Kedung Badak, Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Rabu (03/05/2023).

"Syukur alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul di acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor untuk mempererat silaturahmi. Semoga pertemuan hari ini merupakan pertemuan yang penuh dengan keberkahan, kebaikan dan kemuliaan.

Karena disamping silaturahmi, pada momen ini banyak penugasan-penugasan yang disampaikan oleh Rektor untuk beberapa program studi unggulan maupun penugasan kepada mahasiswa untuk melaksanakan KKN Internasional", ucapnya.

Pak Kyai menyebut, prestasi semacam itu harus kita syukuri, karena setelah melaksanakan ibadah shaum selama Ramadhan lalu, kita perlu memperhatikan dua tugas utama kita yang berkaitan dengan keumatan dan kebangsaan.

"Kalau kita bicara umat pasti kita bicara bangsa, begitu juga sebaliknya. Sebenarnya kita tidak boleh ada pemisahan antara keumatan dan kebangsaan karena merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan."

"Bahkan kalau kita perhatikan, umat yang paling berjasa terhadap bangsa ini adalah umat Islam dan sudah ditorehkan di dalam pengantar Undang-Undang Dasar 45 alenia ke-3, dimana terdapat pernyataan "dengan rahmat Allah SWT". Sudah dipastikan kata-kata tersebut milik umat Islam", tambahnya.

Beliau berpesan sebisa mungkin kita harus berusaha menjadi umat yang unggul dalam membangun bangsa yang kita cintai ini. Kita harus berusaha untuk selalu menjadi khoiru ummah, tidak boleh menjadi umat yang tidak maju, yang terbelakang dalam segala hal.

"Modal yang kita butuhkan dalam membangun keumatan dan kebangsaan itu ada 2 hal, menguatkan persaudaraan (ukhuwah islamiyah) dan menguatkan semangat dakwah dalam pengertian luas. Hal ini secara eksplisit diungkapkan dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 71 yang menjelaskan tentang tugas kita, tugas keumatan dan kebangsaan.

"Yang intinya orang-orang yang beriman harus membangun kekuatan persaudaraan, harus membiasakan silaturahmi yang bukan hanya sekedar bertemu, melainkan membangun kebersamaan, membangun kekuatan, saling mendukung dan saling bersinergi", jelasnya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI tersebut juga menjelaskan, terdapat 4 kunci masuk surga menurut beberapa hadist Rasulullah SAW. 3 diantaranya merupakan hubungan dengan sesama manusia seperti menyebarkan salam, saling memberi makan dan menyambung silaturahmi, sedangkan yang terakhir adalah shalat di waktu malam (tahajud).

"Sekali lagi, Hablum Minannas atau hubungan dengan sesama manusia merupakan bagian penting dari penguatan peradaban Islam yang akan kita bangun bersama-sama, sehingga perbedaan yang ada diantara kita dapat terselesaikan secara baik dengan terciptanya ukhuwah islamiyah", tegasnya.

Halal Bihalal merupakan kegiatan rutin bagi Keluarga Besar UIKA Bogor dalam mengawali aktivitas perkantoran setelah libur lebaran setiap tahunnya. Kegiatan yang digelar pada pukul 09.30 WIB tersebut, diikuti oleh jajaran Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun (YPIKA) Bogor, Rektor bersama para Wakil Rektor, Kepala-kepala Lembaga, Direktur dan para wakil, Dekan, Para wakil dekan, kepala-kepala program studi, para dosen, staf, alumni dan perwakilan mahasiswa UIKA Bogor.

Sebelumnya :
Selanjutnya :