• +6281 1987 271

AQL Peduli Resmikan Depot Oksigen Medis Gratis, Masyarakat Tak Perlu Takut Kehabisan

AQL Peduli Resmikan Depot Oksigen Medis Gratis, Masyarakat Tak Perlu Takut Kehabisan

UMMATTV, JAKARTA--AQL Peduli meresmikan depot oksigen medis gratis untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (6/8/2021). Peresmian depot tersebut merupakan rangkaian aksi kemanusiaan AQL Peduli sejak corona mewabah di Tanah Air. Masyarakat bisa mengisi ulang oksigen medis secara gratis di depot tersebut.

Pembina AQL Peduli, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN), mengatakan, kasus positif corona yang terus menanjak membuat kebutuhan oksigen medis ikut meningkat. Terlebih pasien corona yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman). Kerap masyarakat rela antre berjam-jam untuk mendapat oksigen medis. Fenomena itu membuat AQL Peduli terus memasifkan bantuan ke tengah masyarakat untuk meringankan beban mereka.

UBN mengatakan, depot oksigen medis gratis itu merupakan lanjutan aksi kemanusiaan AQL Peduli terkait pandemi corona. Sejak Maret 2020, lembaga yang ia bina telah terjun ke masyarakat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Di antaranya membagikan Alat Pelindung Diri (APD), penyemprotan disinfektan, vaksinasi massal, hingga serbuan oksigen gratis yang serentak di beberapa kota.

“Untuk semuanya berkelanjutkan kita mendirikan depot oksigen gratis, supaya bisa banyak dan setiap hari orang datang untuk mengisi oksigen untuk sodara kita yang masih Isoman,” kata UBN saat meresmikan depot oksigen medis gratis.   Tahap awal, kata dia, AQL Peduli menargetkan 140 tabung ukuran 1 meter kubik per hari. Relawan akan siaga di lokasi dari pagi hingga malam selama enam hari berturut-turut. Tabung akan ditambah mengikuti kebutuhan masyarakat.   “Untuk sekarang ini memang kita prioritaskan untuk saudara-saudara kita yang isoman yang merasakan sesak, tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga membuka untuk umum khususnya saudara-saudara kita yang sudah swab lalu dia positif atau terpapar itu boleh,” ucap dia.

UBN mengatakan, depot tersebut akan dibuka sampai pandemi berakhir. Masyarakat yang tinggal di daerah Jabodetabek bisa datang langsung ke lokasi, dan relawan AQL Peduli akan melayani dengan senang hati. Sementara, daerah yang berada di luar Jawa atau pun di luar Jakarta, AQL Peduli telah bekerja sama dengan depot pengisian oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terkati mekanisme, AQL Peduli telah menyediakan perangkat pendukung untuk menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian, dipastikan tidak akan terjadi kerumunan. “Jadi selama orang membutuhkan oksigen insya Allah kita akan siap sediakan,” ucap UBN.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :