• +6281 1987 271

Alumni IPB Serahkan Bantuan Perlengkapan Rumah Tangga dan Ibadah untuk Penyintas Erupsi Semeru

Alumni IPB Serahkan Bantuan Perlengkapan Rumah Tangga dan Ibadah untuk Penyintas Erupsi Semeru

UMMATTV, JAKARTA--Aksi Relawan Mandiri  Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bekerja sama dengan DPD HA-IPB Jawa Timur, dan Gerakan Masyarakat Pedesaan Lumajang (Gemapalu), menyerahkan bantuan berupa 150 paket perlengkapan rumah tangga, 150 paket alat kebersihan, dan perlengkapan ibadah kepada warga penyintas bencana erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur,  Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang (26/12).

Menurut Ketua Umum ARM HA-IPB, bantuan tersebut diserahkan secara bertahap. "Untuk hari ini, kita serahkan untuk 50 keluarga," ujar Ahmad Husein, yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Ketua Gemapalu, Andi Median Yasnawi, menerangkan, satu perlengkapan rumah tangga terdiri atas dandang, wajan, panci, mangkok, sutil, piring, gelas, dan sendok. Adapun satu paket perlengkapan kebersihan terdiri atas sapu, timba, sekop, lap, kemoceng, dan alat pel.

"Saya berterima kasih atas bantuan yang amat bermanfaat ini," kata Misiyem, warga Dusun Curah Kobokan, Desa Sapiturang, yang saat ini terpaksa tinggal di pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro. Ia membawa putranya, Azis, yang mengaku menikmati acara menggambar di kaos oblong yang diadakan ARM, DPD HA-IPB Jatim, dan Gemapalu.

Dalam kesempatan itu, DPD HA-IPB Jatim juga menyerahkan donasi perlengkapan ibadah kepada pengungsi yang terdiri atas mukena dan kain sarung. 

"Dengan donasi ini kita berharap mereka memiliki perlengkapan yang memadai dan tetap nyaman beribadah," ujar Ariyanto Hidayat, mewakili Pengurus DPD HA-IPB Jatim.

ARM HA-IPB bersama DPD HA-Jatim dan Gemapalu merencanakan kegiatan lanjutan untuk para penyintas di beberapa desa, antara lain pelatihan mengenai pertanian, mata pencaharian alternatif, dan pelatihan ekonomi kreatif pengolahan limbah keluarga.*

Sebelumnya :
Selanjutnya :